Wali Kota Cimahi Dukung Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Kendaraan Dinas, Tapi Akan Dibahas Dulu

Ngatiyana mengatakan Pemkot Cimahi mendukung penggunaan kendaraan listrik untuk kendaraan dinas.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Ery Chandra
Wali Kota Cimahi, Ngatiyana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Wali Kota Cimahi Ngatiyana, mendukung wacana penggunaan mobil listrik untuk kendaraan dinas di lingkungan pemerintah daerah karena hal tersebut nantinya bisa menjadi solusi saat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik.

Apalagi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil belakangan ini gencar melakukan sosialisasikan penggunaan mobil listrik dan diperkuat dengan Inpres Nomor 7 Tahun 2022 yang diteken pada 13 September lalu.

Ngatiyana mengatakan, pihaknya mendukung terkait penggunaan mobil listrik karena bakal lebih efisien dan bisa menekan pengeluaran pemerintah daerah, tapi kebijakan tersebut masih akan dikaji terlebih dahulu. 

"Tentu sangat mendukung, karena itu solusi (kenaikan BBM), kalau memang Pak Gubernur menghendaki agar pemda beralih ke kendaraan listrik," ujar Ngatiyana di Perkantoran Pemkot Cimahi, Rabu (21/9/2022).

Meski mendukung, kata dia, pihaknya akan melakukan kajian matang terkait penggunaan mobil listrik tersebut apakah rencana ini memungkinkan diterapkan di Pemkot Cimahi atau tidak.

"Ya, kita lihat dulu ke depannya kalau memungkinkan kita jalani. Memang kalau kendaraan listrik itu lebih irit dan efisien," katanya.

Ngatiyana mengatakan, penggunaan mobil listrik itu memang menjadi solusi di tengah kenaikan harga BBM karena sangat berpengaruh terhadap pengeluaran Pemkot Cimahi meskipun anggaran bahan bakar sudah tersedia. 

"Sebetulnya kalau kendaraan dinas pemerintah selama dianggarkan di situ ya itu yang digunakan. Tapi sedikit banyak memang berpengaruh terhadap pengeluaran,"  ucap Ngatiyana.

Meski berpengaruh, pihaknya sudah melakukan berbagai cara agar pengeluaran untuk operasional kendaraan dinas yang menggunakan BBM di Pemkot Cimahi bisa ditekan.

"Untuk pengeluaran, kita siasati volume saja yang kita kurangi jadi operasional tetap berjalan," katanya.

Baca juga: Seluruh Kepala Dinas di Pemprov Jabar Akan Dihadiahi Mobil Listrik, Tahun Depan Harus Dipakai

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved