Mulai Oktober Pemkab Ciamis Salurkan Dana Bansos Rp 6 Miliar, Bupati: Jangan Sampai Ada Potongan

Setiap keluarga penerima manfaat akan mendapat Rp 150 ribu per bulan dari Oktober sampai Desember.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/andri m dani
Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya. Ia mengingatkan saat penyaluran bansos jangan ada potongan sepeser pun dengan dalih apapun. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Mulai bulan Oktober sampai Desember Pemkab Ciamis akan menyalurkan dana bansos sebesar Rp 6.075.550.000.

Dengan target penerima 9.730 keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing mendapat bantuan tunai Rp 150.000 per bulan. Yakni 35 KPM per desa dan 100 KPM dari kelurahan.

Sasaran utama penerima bansos yang disalurkan Pemkab Ciamis tersebut adalah masyarakat tidak mampu dan belum menerima bantuan sosial dari manapun.

Kriteria utamanya adalah keluarga tak mampu yang bekerja di sektor transportasi, sektor perdagangan, dan buruh tani.

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya menegaskan bantuan sosial tersebut harus diterima utuh oleh KPM. Jangan ada potongan sepeser pun dengan dalih apapun.

“Saya tegaskan. Jangan sampai ada potongan sepeser pun dengan alasan apapun,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya pada rapat sosialisasi bansos dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun 2022 di Ruang Oproom Setda Ciamis, Selasa (20/9/2022) siang.

Rapat sosialisasi bansos tersebut dihadiri langsung oleh Wabup Yana D Putra, Sekda H Tatang, para Asda, kepala OPD. Serta diikuti secara virtual camat, lurah dan kades, se-Ciamis.

Dana sebesar Rp 6 miliar lebih yang dialokasikan untuk bansos tersebut merupakan belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022.

Alokasinya menggunakan 2 persen dari dana transfer umum (DTU) untuk memberikan belanja perlindungan sosial guna menjaga kesejahteraan masyarakat.

Meski alokasinya tidak begitu besar, Herdiat berharap bansos tersebut mampu mengurangi beban masyarakat yang terdampak inflasi.

Dan pengalokasian bansos bagi warga tak mampu yang terdampak inflasi tersebut katanya harus tepat sasaran.

“Dan sekali lagi saya tegaskan. Jangan sampai ada potongan dengan dalih apapun,” ingatnya.

Baca juga: Pemkab Cirebon Siapkan Anggaran Rp 7,46 Miliar untuk Bansos, Disalurkan Mulai Bulan Depan

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved