Anggota Komisi I DPRD Jabar Sebut Pangandaran Jadi Pilot Project Jabar untuk Masalah CDOB

Anggota DPRD Jabar Komisi I, Rafael Situmorang mengatakan Pangandaran menjadi pilot project Jabar untuk masalah CDOB

Editor: Siti Fatimah
Istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Rafael Situmorang 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Jabar sudah usulkan tiga calon daerah otonomi baru (CDOB), seperti Cianjur Selatan, Tasikmalaya Selatan, dan Garut Utara. Usulan ini tentunya sudah ditandatangani Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan DPRD Jabar.

Wilayah tersebut telah memenuhi syarat administrasi di tingkat provinsi.

Tetapi, pemerintah pusat bakal lakukan penilaian pada pemenuhan persyaratan dasar kewilayahan dan administrasi, lalu hasilnya disampaikan ke DPR dan DPD.

"Jika disetujui oleh DPR dan DPD, maka pemerintah akan membentuk tim independen," kata Anggota DPRD Jabar Komisi I, Rafael Situmorang, Senin (19/9/2022).

Adapun tugas tim independen, ialah mengkaji persyaratan dasar kapasitas daerah yang terdapat tujuh kategori, yaitu geografi, demografi, keamanan, sosial politik, adat dan tradisi, potensi ekonomi, keuangan daerah, dan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan.

"Nah, pusat sampai sekarang belum cabut moratorium pemekaran daerah. Jadi, daerah induk diminta supaya manfaatkan momentum ini buat optimalisasi kapasitas daerah," katanya 

Rafael juga meyakini bahwa pemekaran daerah bisa berpengaruh pada efektivitas penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik dan ujungnya ialah percepatan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Berdasar RPJMD Jawa Barat 2018-2023, ditargetkan enam CDPOB diusulkan kepada pemerintah pusat.

Adapun CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan akan memiliki 14 kecamatan dengan ibu kota Sindangbarang.

Kabupaten Tasikmalaya Selatan, terdiri dari 10 kecamatan dengan ibu kota Karangnunggal, dan Kabupaten Garut Utara 11 Kecamatan dan ibu kota Cibiuk.

"Ketika nanti jika ada riak-riak penolakan ya tentu kami harus responsif dan meminta hal itu untuk diselesaikan dahulu. Pastinya, dengan jumlah penduduk yang lebih sedikit maka bisa lebih baik dalam mengurus rakyat, semisal wilayah Selatan Jabar itu perlu konsentrasi dari pemerintah dan semoga dengan adanya pemekaran daerah baru bisa berfokus pada potensinya yang bisa datangkan pendapatan," katanya mencontohkan wilayah Pangandaran yang berhasil sebagai pilot project Jabar di wilayah Selatan," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved