Di Tengah Pandemi dan Inflasi Akibat Kenaikan BBM, UMKM Didorong untuk Melek Dgital

UMKM didorong untuk melek digital terlebih ditengah pandemi dan inflasi dengan adanya kenaikan harga bbm

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Siti Fatimah
Lutfi Ahmad Mauludin
Pelatihan digitalisasi UMKM, di Telkom University, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Bandung, diberi pelatihan supaya melek digital, untuk meningkatkan usahanya.

Hal tersebut dilakukan, Telkom University, untuk bisa mendorong UMKM lebih maju, dan berkembang, di tengah Pandemi Covid-19 dan inflasi daerah, akibat kenaikan harga BBM.

Rektor Telkom University, Adiwijaya, mengungkapkan, di Kabupaten Bandung, terdapat sekitar 15 ribu pelaku UMKM.

"Namun demikian kami capture dulu, pilot project untuk 50 UMKM dengan berbagai macap produk. Insya allah, pelatihan ini, tidak akan terhenti hanya sekedar pelatihan hari ini," ujar Adiwijaya, di tengah pelatihan digitalisasi UMKM, di Telkom University, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Ciptakan UMKM Tangguh, Airlangga Hartarto; Pelaku Usaha Harus Adopsi Teknologi Digital

Adiwijaya mengungkapkan, justru pihaknya akan terus berlanjut, dengan pelatihan pelatihan yang lebih expert, sehingga UMKM lebih handal.

"Sehingga bisa memberikan peningkatan kualitas pengelolaan UMKM. Kita tahu sendiri, bahwa kontribusi pertumbuhan ekonomi terbesar, itu ada di UMKM" kata Adiwijaya.

Adiwijaya memaparkan, dengan membangkitkan UMKM, akselerasi digitalnya bisa memberikan dampak, tidak hanya kontribusi UMKM, tapi bisa memberikan dampak kontribusi ekonominya.

"Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat, penanganan pembangunan manusia, bisa seiring sejalan, meningkat juga," kata Adiwijaya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, Dicky Anugrah, mengungkapkan, tentunya kolaborasi dengan Telkom University ini sangat diandalkan.

"Kami sudah melakukan program peningkatan SDM para pelaku UMKM melalui digital enterpreneur," kata Dicky.

Baca juga: Sambut Harnas UMKM, MenKopUKM Teten Masduki: Transformasi Digital Kunci UMKM Pulih dan Tahan Resesi

Dicky mengatakan, program dari Telkom University ini, bekerjasama Kementerian PMK. Pelatihan dgital enterpreneur tersebut digelar selam 4 hari.

"Para pelaku UMKM tentunya membutuhkan, yang memang kami harus fasilitasi regulasinya dan harus kami berdayakan. Di antaranya peningkatan daya saing daerah, peningkatan kualitas produksi, dari mulai aspek labeling, sertifikasi, legalitas, juga pemasarannya," kata Dicky.

Dicky mengatakan, sudah banyak pelaku UMKM yang dibantu alat produksinya, oleh melalui program yang digelar Telkom University, seperti digitalisasi industri.

"Jadi, alhamdulillah, ini memang untuk peningkatan daya saing UMKM, semuanya kami harapkan bersinergi," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved