Pemilu 2024

Hasil Survei IPRC:Raffi Ahmad dan Atalia Praratya Sosok Paling Dikenal untuk Calon Wali Kota Bandung

Idil Akbar mengatakan Atalia Praratya menjadi nama yang tertinggi bila pemilihan dilakukan hari ini disusul Yana Mulyana, dan M Farhan.

Instagram @ataliapr / Kolase Tribun Jabar
Atalia Praratya dengan penampilan modisnya. Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC, Idil Akbar mengatakan Atalia Praratya menjadi nama yang tertinggi bila pemilihan dilakukan hari ini disusul Yana Mulyana, dan M Farhan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) kembali merilis hasil survei yang mereka lakukan pada 20-30 Juli 2022 terhadap 1002 responden terkait dinamika elektoral di Kota Bandung menjelang pemilu 2024.

Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC, Idil Akbar mengatakan Atalia Praratya menjadi nama yang tertinggi bila pemilihan dilakukan hari ini disusul Yana Mulyana, dan M Farhan.

Ternyata, ada beberapa faktor yang membuat masyarakat memilih para calon itu untuk pemilu 2024 baik walikota/bupati, gubernur, maupun presiden.

"Sebanyak 17 persen masyarakat ingin calon itu perhatian pada rakyat. Lalu, 15,7 persen karena kualitas kepemimpinan yang baik, dan 15,3 persen memperjuangkan kepentingan rakyat. Jadi, inilah kualitas personal yang paling penting dimiliki calon baik walikota/bupati, gubernur, atau presiden," katanya di Hotel Newton, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Survei IPRC: 52 Persen Diklaim Warga Puas Kinerja Walkot Bandung, Ini Catatan yang Harus Diperbaiki

Dari nama-nama yang masuk dalam bursa kandidat calon wali kota Bandung, tingkat dikenal warga dan disukai warga paling tinggi ialah Sultan Andara, Raffi Ahmad sebesar 85,7 persen (populer) dan 58,3 persen disukai, disusul Atalia Praratya sebesar 80,5 persen (populer) dan 77,1 persen disukai.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bagi-bagi uang Dollar Singapura untuk pegawai RANS.
Raffi Ahmad dan istri, Nagita Slavina. (Instagram @raffinagita1717)

"Raffi Ahmad ini paling dikenal warga Bandung. Selanjutnya, Atalia, Yana, dan Nurul Arifin. Adapun dari segi elektabilitas parpol di Bandung, tertinggi ialah PDI Perjuangan sebesar 13,2 persen, Gerindra 12,2 persen, PKS 10,9 persen. Para ketua partai wilayah Kota Bandung angka elektabilitasnya masih di bawah lima persen. Ini perlu ditingkatkan oleh mereka jika hendak bertarung, seperti Achmad Nugraha, Edwin Senjaya, Erwin, atau lainnya," katanya.

Berikut hasil survei 10 kandidat calon tertinggi:

1. Atalia Praratya : 18,8 persen

2. Yana Mulyana: 18 persen

foto dok Wali Kota Bandung, Yana Mulyana
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (istimewa)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved