Ratusan Nama Kader PDI Perjuangan di Ciamis Dicatut Jadi Anggota Partai Lain, Terpantau di SIPOL

Menyusul tahapan pendaftaran parpol dan proses verifikasi administrasi (vermin) parpol, DPC PDIP Ciamis telah menginputkan sebanyak 2000 lebih data KT

Penulis: Andri M Dani | Editor: Ravianto
andri m dan/tribun jabar
Ketua DPC PDIP Ciamis, H Nanang Permana SH (foto/tribunjabar/andri m dani) 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sebanyak 188 nama kader PDIP Ciamis yang juga  pengurus PDIP Ciamis mulai dari tingkat ranting (desa), PAC bahkan juga ada nama pengurus DPC (PDIP Ciamis) dicatut tercatat atas nama partai lain di Sistem Informasi Partai Politik atau SIPOL

“Ini suatu hal yang luar biasa, ada 188 nama pengurus PDIP di Ciamis dicatut tercata atas nama partai lain. Ini temuan dari pelacakan SIPOL yang dilakukan tim cyber PDIP,” ujar Ketua DPC PDIP Ciamis, H Nanang Permana SH kepada Tribun Minggu (28/8).

Menyusul tahapan pendaftaran parpol dan proses verifikasi administrasi (vermin) parpol, DPC PDIP Ciamis telah menginputkan sebanyak 2000 lebih data KTA ke SIPOL.

Dari sebanyak  2.000 nama kader PDIP berKTA PDIP yang diinputkan dalam SIPOL tersebut ada 188 nama juga terdaftar di partai lain.

“Namanya sama NIK-nya sama. Identik, jelas ini sudah hal yang janggal. Kenapa ini bisa terjadi. Kenapa ada partai lain mencatut nama kader PDIP di KTA partainya,”katanya.

Lebih parahnya lagi ke-188 nama yang dicatut tersebut menurut Nanang, adalah pengurus partai PDIP Ciamis di berbagai tingkatan. Mulai dari pengurus ranting (desa), kecamatan (PAC) bahkan juga DPC, sesuai SK masing-masing.

“Mereka itu pengurus partai PDIP. Tapi namanya dicatut partai lain, terdata dalam KTA partai tersebut yang diinputkan ke SIPOL,” ujar Nanang.

Lebih parahnya lagi, dari 188 nama kader PDIP di Ciamis yang dicatut namanya oleh partai lain tersebut menurut Nanang, adalah atas nama Angga Nugraha. Angga adalah anggota DPRD Ciamis, dua priode yang juga wakil ketua bidang lingkungan hidup DPC PDIP Ciamis.

“Nama Angga, dengan NIK yang sama tercatat juga sebagai anggota salah partai baru. Aneh juga, masa pengurus parpol di Ciamis tidak kenal Pak Angga, anggota DPRD Ciamis 2 priode yang juga pengurus DPC. Ini kalau suatu kesengajaan, jelas keterlaluan,” katanya.

Ke-188 nama pengurus PDIP Ciamis yang diduga dicatut namanya tersebut menurut Nanang, tidak hanya ada yang tercatat di partai pendatang baru. Tetapi juga ada nama yang tercatat di partai lama (peserta Pemilu 2019).

“Ada juga yang tercatat di partai lama (peserta pemilu 2019),” ujar Nanang sembari menyebut nama sejumlah partai.

Adanya ratusan nama pengurus PDIP Ciamis yang dicatut namanya oleh partai lain tersebut ungkap Nanang jelas berpotensi merugikan PDIP.

“Makanya kami mempertimbangkan akan menempuh jalur hukum. Baik itu perdata maupun pidana. Kami berharap partai-partai yang sudah mencatut nama-nama keder PDIP tersebut bersiap menghadapi perkara hukum gugatan kami  ,” tegasnya (andri m dani)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved