5 Tahun Vakum, Lomba Dayung di Genangan Cirata Cianjur Kembali Digelar

Kabupaten Cianjur punya waduk Cirata dengan wilayah perairan seluas 6.200 hektare. Semestinya memiliki atlet dayung

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Lomba perahu dayung di Genangan Cirata Jangari blok Babakan Garut, Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Minggu (28/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR- Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Cianjur, menggelar lomba perahu dayung di Genangan Cirata Jangari blok Babakan Garut, Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Minggu (28/8/2022).

Lomba perahu dayung itu digelar untuk menjaring bibit atlet di cabang olahraga perahu dayung untuk tingkat Kabupaten Cianjur.

Lomba tersebut diikuti puluhan atlet dayung mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/sederajat.

Ketua Panitian Lomba Perahu Dayung, Dodi Darmawan, mengatakan lomba dayung di Cianjur sudah vakum lama, sekitar lima tahun lebih.  

"Untuk kembali menggairahkan atlet cabor dayung tingkat Kabupaten Cianjur, kami kembali mengadakan lomba perahu dayung," kata Dodi saat ditemui di lokasi.

Dodi mengatakan, ada empat tingkatan yang mengikuti lomba dayung mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan umum.

Baca juga: Jembatan Apung Terpanjang di Genangan Cirata Bisa Dibongkar Lagi, Ternyata Belum Dapat Izin dari PLN

"Untuk tingkat SD harapannya kedepan bisa dijadikan bibit atlet perahu dayung ke jenjang yang lebih tinggi baik itu Provinsi, nasional bahkan tingkat asia," ujarnya.

Ketua PODSI Kabupaten Cianjur, Bagus Candra Fitriansyah, mengatakan Indonesia meraih prestasi di SEA Games Vietnam di cabang perahu dayung.

Bahkan, perwakilan Jawa Barat membawa medali emas dari cabor dayung di Papua pada beberapa waktu lalu.

"Kabupaten Cianjur punya waduk Cirata dengan wilayah perairan seluas 6.200 hektare. Semestinya memiliki atlet dayung yang bisa mewakili Kabupaten Cianjur pada perlombaan-perlombaan yang akan mendatang," kata dia.

Bagus mengatakan, untuk menunjang dan menjaring bibit atlet PODSI Cianjur tentunya masih terkendala, seperti sarana perahu masih yang lama sehingga Pemkab Cianjur bisa memfasilitasi sarana olahraga Dayung.

"Trek untuk latihan saat ini beralih fungsi menjadi tambak ikan. Ke depan PODSI akan berkoordinasi dengan para nelayan dan pemerintah setempat agar zona yang dimaksud bisa dimanfaatkan untuk kegiatan latihan cabor dayung," katanya.

Bagus berharap, kembalinya cabor dayung di wilayah perairan waduk Cirata Jangari itu bisa sama-sama mendorong untung menyukseskan cabor dayung tingkat Kabupaten Cianjur.

Foto - Lomba dayung kembali digelar di genangan Cirata

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved