Breaking News:

Pak Uu Bahagia, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Kabupaten Cirebon

Pak Uu merasa bahagia setelah mendapatkan informasi bahwa tidak ada lagi desa tertinggal di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Ravianto
ahmad imam baehaqi/tribunjabar
Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (kedua kiri), saat menghadiri Gebyar Desa di Alun-Alun Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/8/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menghadiri Gebyar Desa di Alun-Alun Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/8/2022).

Kedatangan Pak Uu disambut Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, dan tari tradisional dan mengantar hingga ke lokasi pembukaan Gebyar Desa tersebut.

Dalam kesempatan itu, ia merasa bahagia setelah mendapatkan informasi bahwa tidak ada lagi desa tertinggal di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon.

Menurut dia, pencapaian itu berkat keberhasilan kepala daerah dalam mengelola seluruh potensi yang ada dan tidak terlepas dari peran serta masyarakat.

"Saya sangat bahagia, karena kalau Kabupaten Cirebon maju berarti Jawa Barat juga maju, jika Kabupaten Cirebon hebat maka Jawa Barat juga hebat," kata Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui usai kegiatan.

Ia mengatakan, efek domino tersebut dikarenakan Kabupaten Cirebon termasuk salah satu dari 27 kota dan kabupaten yang berada di wilayah Jawa Barat.

Pihaknya juga mengajak seluruh kepala daerah di Jawa Barat untuk membuat program linier dengan kebijakan yang disusun oleh Pemprov Jawa Barat.

Agar seluruh program kebijakan tersebut dapat dikolaborasikan pemerintah kota dan kabupaten dengan Pemprov Jabar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau pemprov mempunyai anggaran 30 persen dan kabupaten - kota 70 persen, ketiks disatukan menjadi 100 persen," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Pak Uu menyampaikan, tidak adanya desa tertinggal di Kabupaten Cirebon menjadi bukti keberhasilan kolaborasi antara Pemkab Cirebon dan Pemprov Jabar.

Pasalnya, keselarasan program desa tertinggal yang disusun Pemkab Cirebon dan Pemprov Jabar membuat kebijakan yang ditetapkan saling menyambung.

"Akhirnya, saat ini tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Cirebon. Ini bukti keberhasilan kolaborasi untuk menanggulangi desa tertinggal di Jawa Barat," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Sementara Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, Gebyar Desa merupakan upaya pemrrintah mengembangkan seluruh potensi yang ada.

Terutama desa-desa di wilayah Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, yang dikenal memiliki banyak seni budaya sehingga potensi tersebut harus lebih dimaksimalkan.

"Desa-desa di Gegesik mempunyai banyak keunggulan di bidang seni budaya, sehingga kami mendorong agar dikenal lebih luas," ujar Imron Rosyadi.(Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved