Ridwan Kamil Bersyukur, 77 Tahun Usia Jabar Semua Desa Sudah Berstatus Mandiri, Maju dan Berkembang

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersyukur, 77 tahun usia Provinsi Jabar, semua desa berstatus mandiri, maju dan berkembang dengan berbagai pencapaian baik

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD SYARIF ABDUSSALAM
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersyukur, 77 tahun usia Provinsi Jabar, semua desa berstatus mandiri, maju dan berkembang dengan berbagai pencapaian yang baik. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pada hari jadinya yang ke-77, Provinsi Jawa Barat sudah memperoleh banyak pencapaian, dari mulai pembangunan infrastruktur modern sampai peningkatan kesejahteraan di desa.

"Jadi salah satu pencapaian, di awal menjabat kan masih ada desa tertinggal. Sekarang sudah nol menurut laporan Kepala Dinas Desa. Desa Mandiri juga melompat dari hanya 30-an menjadi 1.130," katanya seusai menghadiri Rapat Paripurna HUT ke-77 Jabar di Kantor DPRD Jabar, Jumat (19/8).

Kondisi strata desa di Jabar pada 2022 adalah 1.671 desa berkembang, 2.511 desa maju, dan 1.130 desa mandiri, tanpa desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

Ia mengatakan, keberpihakan kepada desa dengan hilangnya status desa tertinggal dan desa sangat tertinggal dan melompatnya jumlah desa mandiri menunjukan pembangunan di desa merata dan inklusif.

Salah satunya dengan program desa digital, satu desa satu perusahaan, keberpihakan anggaran, sampai program petani milenial

"Di tahun terakhir (menjabat sebagai Gubernur) saya akan memperhatikan hal yang kurang kan, tidak boleh berpuas diri masalah juga masih banyak. Saya lagi memastikan salah satunya infrastruktur jalan mulus itu juga kan banyak komplain karena uangnya hilang karena Covid," katanya.

Ia mengatakan, penganggaran jalan di dua tahun terakhir akan dikembalikan sehingga di akhir jabatannya sebagai Gubernur, jalannya rapi, baik, ekonomi juga baik, desa-desa juga sudah  mandiri, dan tidak ada alasan untuk tidak bangga sebagai masyarakat Jabar. 

"Penuntasan kemisikinan juga sudah saya laporkan turun, pengangguran juga turun. Yang penting persentasenya ada di data," katanya.

Ia mengatakan dalam hal infrastruktur pun, pembangunan berbagai jalan tol sampai jalur kereta tengah dilakukan di Jabar. Juga infrastruktur pelabuhan sampai bandara. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved