Pengusaha Lokal UMKM Bandung Raya Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Bisnis via Program YOU-BLAST

Program YOU-BLAST digelar 8 Maret 2022 dengan aktivitas Youth Needs Assessment untuk mengidentifikasi karakteristik pengusaha lokal

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/TIAH SM
Program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) digelar 8 Maret 2022 dengan aktivitas Youth Needs Assessment untuk mengidentifikasi karakteristik pengusaha lokal dan kebutuhan pelatihan kewirausahaan di wilayah Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -  Jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64,19 juta yang terdata di Kementerian Koperasi dan UKM.

UMKM tersebut kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun. 

Selain itu, UMKM juga mampu menyerap 97% total tenaga kerja serta menghimpun 60,4% total investasi di Tanah Air.

Melihat besarnya peranan dan potensi sektor UMKM tersebut, Pemerintah Indonesia meluncurkan Program Pengembangan Kewirausahaan Nasional sebagai strategi untuk mencapai sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.

Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), dengan dukungan penuh Citi Foundation mendukung upaya pemerintah dalam memperkuat ekosistem kewirausahaan nasional.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari,  mengatakan, dukungan berupa  program pelatihan dan pendampingan bisnis bertajuk YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST). 

Implementasinya perdana, program ini memfasilitasi lebih dari 300 wirausaha pemula berusia 18-28 tahun di Bandung Raya, Sidoarjo dan Surabaya,  untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan bisnis, serta perluasan jangkauan pemasaran bisnis dengan digital.

“Data Badan Pusat Statistik mencatat jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 8,4 juta orang pada bulan Februari 2022, hanya turun 4% setelah melonjak hingga 26,26% pada tahun sebelumnya," ujar Puni , dalam keterangan  tertulis, Selasa (10/8).

Program YOU-BLAST diharapkan dapat turut mengatasi pengangguran di Indonesia dengan mengoptimalkan potensi pertumbuhan kesempatan kerja yang diciptakan oleh sektor UMKM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved