Tiga Orang dari Jemaah Haji Ciamis Tertahan di Arab Saudi karena Sakit

Rombongan pertama jemaah haji Ciamis tersebut seharusnya tiba kembali di Tanah Air sebanyak 404 orang plus 6 petugas pendamping

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Dokumentasi Humas Polres Ciamis
Suasana jemaah haji Kloter 22 JKS asal Ciamis saat tiba di Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, Senin (1/8/2022) siang. Tiga dari 404 bertahan di Arab Saudi karena dirawat di rumah sakit. 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS- Suasana haru, derai air mata, dan peluk kerinduan pun tak terelakan saat penyemputan kedatangan jemaah haji Kloter 22 JKS di Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, Senin (1/8) pukul 11.40.

Rombongan pertama jemaah haji Ciamis tersebut seharusnya tiba kembali di Tanah Air sebanyak 404 orang plus 6 petugas pendamping seperti saat pemberangkatan.

Saat pesawat landing di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Minggu (31/7/2022) pukul 22.30, hanya 401 orang haji plus 6 petugas pendamping yang mendarat di Tanah Air.

“Tiga orang tinggal dulu di Arab Saudi. Dua orang (perempuan) karena dirawat di rumah sakit dan seorang laki-laki karena menunggui istrinya yang sakit,” ujar Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Ciamis, H Agus Abdulah, kepada Tribun Jabar, Senin (1/8/2022).

Kedua orang yang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi tersebut karena mengalami komplikasi penyakit.

Seorang asal Sadananya yang dirawat KKHI Madinah dan ditungguin suaminya. Seorang lagi jemaah asal Cipaku karena mengalami komplikasi dirawat di RS An Noer Mekkah.

Baca juga: Pemkot Bandung Antisipasi Tibanya Jemaah Haji dari Bahaya Covid, Keluarga Tak Boleh Jemput Langsung

Bila sudah sehat kedua orang itu, menurut Agus Abdulah, akan dipulangkan bersama kloter yang ada.

Setelah tiba dan sempat istirahat di demarkasi haji Bekasi, sebanyak 401 haji Kloter 22 JKS asal Ciamis tersebut plus 6 petugas pendamping pulang menggunakan 10 bus carteran serta 1 bus cadangan pulang ke Ciamis.

Mereka tiba satu jam lebih cepat dari estimasi. “jemaah bisa lebih cepat tiba di Ciamis karena proses screening dan penerimaan jemaah di demarkasi berlangsung lebih cepat. Salat subuh berjemaah di Purwarkarta dan perjalanan relatif lancar sehingga lebih cepat tiba di Ciamis,” jelasnya.

Setiba di Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, rombongan jemaah haji Kloter 22 JKS secara resmi diterima oleh Asda I, Dr H Wasdi Ijudin MSi mewakili Pemkab Ciamis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved