Pilgub Jabar 2024

Desy Ratnasari Didukung DPD PAN Ciamis Maju Pilgub Jabar 2024, Siapa Calon Wakilnya?

DPD PAN Kabupaten Ciamis mendukung penuh Hj Desy Ratnasari yang tidak lain adalah Ketua DPW PAN Jabar untuk maju pada Pilgub Jabar 2024.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Januar Pribadi Hamel
TRIBUNJABAR.ID/DIAN HERDIANSYAH
Desy Ratnasari selaku Ketua DPW Partai Amanat Nasional Jabar didukung DPD PAN Kabupaten Ciamis maju pada Pilgub Jabar 2024. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id di Ciamis, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – DPD PAN Kabupaten Ciamis mendukung penuh Hj Desy Ratnasari yang tidak lain adalah Ketua DPW PAN Jabar untuk maju pada Pilgub Jabar 2024.

“Itu amanat dari hasil Rakerda beberapa waktu lalu, DPD PAN Ciamis mendukung kader internal yang juga Ketua DPW PAN Jabar, Hj Desy Ratnasari untuk maju pada Pilgub Jabar (2024),” ujar Ketua DPD PAN Ciamis, Yana D Putra kepada Tribun Kamis (28/7).

Rakerda DPD PAN Ciamis yang berlangsung di Hotel The Priangan Ciamis Sabtu (25/6) bulan lalu sudah menetapkan hanya satu nama yang didukung untuk maju di Pilgub Jabar. Yakni figur Ketua DPW PAN Jabar, Hj Desy Ratnasari.

Baca juga: Nassar Singgung soal Lamaran Bikin Desy Ratnasari Salah Tingkah, Pendangdut Siap Penuhi Permintaan

Soal dengan siapa Ketua DPW PAN Jabar tersebut berpasangan, menurut Yana D Putra diserahkan sepenuhnya pada dinamika politik yang terjadi. Tentunya sudah menjadi kewenangan DPW dan DPP PAN.

“Termasuk untuk posisi Cagub atau Cawagub. Yang pasti kami dari DPD PAN Ciamis hanya mengusulkan satu nama untuk maju di Pilgub Jabar, yakni Ketua DPW PAN Jabar,” ungkapnya.

Sementara untuk Pileg 2024, DPD PAN Jabar menargetkan raihan 7 kursi di DPRD Ciamis.

“Targetnya untuk Pileg 2024, menmpertahanan lima kursi yang ada saat ini. Dan mengisi 2 dapil yang kosong,” ujar Yana D Putra yang juga Wabup Ciamis tersebut.

Pada Pileg 2019 lalu, PAN telah menempatkan lima kadernya di DPRD Ciamis. Masing-masing berasal dari Dapil Ciamis 1 (1 orang), Dapil Ciamis 3 (2 orang), Dapil Ciamis 4 (1 orang) dan Dapil Ciamis 5 (1 orang).

“Yang kosong itu adalah Dapil Ciamis 2 dan Dapil Ciamis 6. Targetnya harus diisi pada Pileg 2024 nanti. Dan 5 kursi hasil Pileg 2019 harus dipertahankan. Jadi taget minimalnya 7 kursi,” katanya.

Guna meraih kursi di Dapil Ciamis 2 (Kecamatan Ciahaurbeuti, Panumbangan, Panjalu dan Sukamantri) serta Dapil Ciamis 6 (Baregbeg, Cijeungjing, Cimaragas, Cidolog dan Pamarican) menurut Yana, DPD PAN Ciamis sudah menjaring bakal caleg yang berpotensi banyak dukungan suara.

Untuk mencapai target raihan 7 kursi pada Pileg 2024 tersebut, DPD PAN Ciamis telah melakukan penjaringan (rekruitmen) bakal caleg sejak bulan Februari lalu.

“Sudah dilakukan rekruitmen bakal caleg secara terbuka sejak Februari lalu. PAN memberi kesempatan bagi kader internal maupun kader eksternal untuk menjadi caleg. Sekitar 70 persen kuota sudah terpenuhi,” jelas Yana D Putra yang sudah 3 priode menjadi Ketua DPD PAN Ciamis.

Sejumlah dapil sudah terpenuhi kuota bakal calegnya termasuk kuota keterwakilan perempuan. “Beberapa Dapil memang belum terpenuhi kuotanya. Untuk bacaleg targetnya penuhi 100 % kuota, yakni 50 orang caleg,” katanya.

Dari 70 % bacaleg yang sudah terjaring tersebut katanya tidak kader internal tetapi juga kader eksternal seperti tokoh masyarakat, tokoh ulama, pengusaha, tokoh pemuda mantan pejabat dan sebagainya.

Selain itu DPD PAN Ciamis mendukung penuh kader senior PAN Ciamis, Ir H Hery Dermawan yang kini menjadi anggota DPR Jabar maju di Pileg 2024 untuk DPR RI.

Menghadapi pendaftaran parpol calon peserta pemilu dan verfikasi parpol, menurut Yana D Putra, DPD PAN Ciamis sudah siap 100 %.

“Soal sekretariat, kepengurusan, keterwakilan 30 % perempuan dalam pengurus, persyaratan KTNA. Insyaallah, semuanya sudah siap,” ujar Yana D Putra (*)

Baca juga: Momen Sahrul Gunawan Pilih Desy Ratnasari atau Ayu Ting Ting, Malah Bayangkan Salah Satu Jadi Istri

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved