5 Pabrik di Padalarang Disegel Karena Cemari Situ Ciburuy, Ada Pabrik Batako dan Pencucian Karung

Diketahui, pabrik pencucian karung bekas limbah terigu tersebut menyebabkan air di Situ Ciburuy menjadi bau tak sedap

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Ravianto
hilman kamaludin/tribun jabar
Satpol PP KBB saat melakukan penyegelan di pabrik pencemar limbah ke Situ Ciburuy, Kamis (21/7/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Lima pabrik di daerah Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditutup sementara setelah diduga melakukan pencemaran limbah ke Situ Ciburuy.

Pantauan Tribun Jabar, dalam penutupan yang dilakukan  pada Kamis (21/7/2022) itu, petugas Satpol PP Bandung Barat memasang garis Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) dan memasang cap segel di setiap industri rumahan tersebut.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat, Satpol PP KBB, Poniman, mengatakan, dalam penindakan tersebut pihaknya menutup sementara dua pabrik pencucian karung bekas limbah dan tiga pabrik batako.

"Aktivitas pencucian karung bekas limbah itu, dampaknya ke Situ Ciburuy. Jadi ada lima titik (pabrik) yang tadi kami disegel," ujarnya saat ditemui di lokasi, Kamis (21/7/2022).

Diketahui, pabrik pencucian karung bekas limbah terigu tersebut menyebabkan air di Situ Ciburuy menjadi berbau tak sedap, sedangkan pabrik batako menyebabkan air menjadi hitam pekat karena menggunakan bahan baku limbah B3, salah satunya limbah batu bara.

"Jadi aktivitas dari pabrik batako itu menyebabkan air (Situ Ciburuy) Ph-nya di atas 12,43. Jadi di atas ambang batas, sedangkan normal Ph air itu 6 sampai 8," kata Poniman.

Ia mengatakan, penutupan sementara bagi pabrik itu dilakukan selama 14 hari, kemudian bisa dibuka kembali setelah pemiliknya mengurus perizinan seperti izin analisis dampak lingkungan (amdal) dan izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL).

"Nanti akan dilakukan pemanggilan juga (pemilik) terkait perizinannya dan pabrik yang sudah disegel itu akan dibuka lagi setelah perizinannya terpenuhi," ucapnya.

Dengan adanya penyegelan tersebut, pihaknya berharap para pelaku industri ini bisa sadar dan mengerti terkait pentingnya air di Situ Ciburuy yang banyak digunakan masyarakat.

"Kami juga bersama DLH akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Ciburuy ini supaya terkait perizinan usahanya ditempuh agar usaha mereka jadi legal," ujar Poniman.(Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved