Breaking News:

Akibat Pandemi Covid-19, Ternyata Banyak Balita yang Belum Mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap

Adanya pandemi Covid-19, bukan saja sektor ekonomi yang terkena dampaknya, namun banyak balita yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
ILUSTRASI - Sejumlah ibu membawa anaknya untuk imunisasi di puskesmas Balaikota - Adanya pandemi Covid-19, bukan saja sektor ekonomi yang terkena dampaknya, namun banyak balita yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Adanya pandemi Covid-19, bukan saja sektor ekonomi yang terkena dampaknya, namun banyak balita yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap (IDL), untuk mengantisipasi penyakit di kemudian hari.

Maka pemerintah mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada bulan Agustus 2022.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Wiwit, terdapat 2 program pada BIAN, pertama imunisasi tambahan untuk campak rubela atau MR, itu diberikan untuk anak usia 9 bulan dan kurang dari 12 tahun.

Baca juga: Atalia Praratya Kamil Ajak Kader PKK Jemput Bola Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

"Yang kedua adalah Imunisasi kejar, itu adalah imunisasi untuk melengkapi imunisasi dasar lengkap (IDL), untuk yang bolong-bolong belum sempat dilaksanakan karena covid-19. Itu untuk imunisasi polio, DPTHB, HIB, untuk anak 12 sampai 59 bulan," ujar Wiwit, saat dihubungi, Selasa (19/7/2022).

Wiwit menjelaskan, jumlah anak usia 9 sampai 59 bulan, untuk imunisasi kejar, jumlahnya 317.355 anak.

"Sekarang sasaran yang sudah kami mapping, dari keberadaan balitanya yang nanti akan diimunisasi MR adalah 198.089. Jadi pada bulan Agustus nanti jumlah balita itu semuanya harus divaksinasi MR," kata Wiwit.

Wiwit menjelaskan, target IDL, 98 persen, di Kabupaten Banndung itu tahun 2019 mencapai 90 persen, 2020 itu drop ke 81,99 persen karena pandemi.

"Tahun 2021, mulai naik lagi menjadi 91,7 persen untuk capaian IDL," kata Wiwit.

Wiwit memeparkan, imunisasi ini kan tujuannya adalah menakan angka kesakitan akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, disebut PD3I, untuk mencegah PD3I itu dengan cara melakukan IDL.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved