Ini Lima Kecamatan Terparah di Garut yang Terdampak Banjir Bandang akibat Luapan Sungai Cimanuk

Lima Kecamatan di Kabupaten Garut terdampak banjir bandang, akibat luapan sungai Cimanuk, Sabtu (16/7/2022).

Istimewa/ Diskominfo Garut
Bupati Garut Rudi Gunawan meninjau wilayah yang terdampak banjir bandang akibat luapan sungai Cimanuk, di Kabupaten Garut, Sabtu (16/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Lima Kecamatan di Kabupaten Garut terdampak banjir bandang, akibat luapan Sungai Cimanuk, Sabtu (16/7/2022).

Lima kecamatan yang menjadi daerah paling parah itu yakni Kecamatan Cikajang, Garut Kota, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul dan Banyuresmi.

Kepala Pelaksanan Badan Penaggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Budi Satria mengatakan, saat ini pihaknya baru mendata sampai level Kecamatan belum menyeluruh sampai ke desa-desa.

"Untuk sementara, baru (tingkat) kecamatan ya," ujar Budi, saat dihubungi Sabtu (16/7/2022).

Pihaknya pun mengaku belum mendapat laporan adanya korban jiwa dalam bencana tersebut.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, merilis ada delapan Kecamatan di Kabupaten Garut yang tedampak banjir bandang.

Ada pun delapan kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Cikajang, Kecamatan Garut Kota, Kecamatan Tarogong Kidul, Kecamatan Karangpawitan, Kecamatan Bayongbong, Kecamatan Banyuresmi, Kecamatan Cilawu dan Kecamatan Cibatu.

Baca juga: Polda Jabar Siapkan Personel, Bantu Tangani Bencana Garut dan di Wilayah Jabar Lainnya

Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar, Hadi Rahmat mengatakan penyebab banjir tersebut diduga akibat hujan dengan intensitas tinggi.

"Sehingga mengakibatan debit air Sungai Cimanuk tidak dapat terbendung dan meluap ke daerah sekitar aliran," ujar Hadi dalam keterangannya, Sabtu (16/5/2022).

Baca juga: DETIK-DETIK Air Sungai Cimanuk Garut Meluap, Ini Daftar Lokasi Banjir di 2 Kecamatan Hingga 2 M

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved