3 Pekerja Dituntut Bayar Rp 5 Miliar, Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Pengadilan Negeri Bale Bandung

"Kami berharap PN Bale Bandung jangan asal menerima laporan langsung memproses. Kasihan pekerja yang lagi di rumah, tahu-tahu digugat Rp 5 miliar,"

Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikan Pekerja Nasional (SPN) berunjuk rasa di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (14/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikan Pekerja Nasional (SPN) berunjuk rasa di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (14/7/2022).

Ketua DPD SPN Jawa Barat, Dadan Sudiana, mengatakan mereka menuntut PN Bale Bandung untuk menegakkan hukum seadil-adilnya terkait tiga buruh yang dituntut perusahaan Rp 5 miliar.

"Jangan sampai pengusaha-pengusaha yang mempermainkan hukum ini. Bagaimana pekerja yang sudah pegawai tetap dan sudah inkrah di Pengadilan Hubungan Industrial, masih melakukan upaya-upaya hukum lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan ketenagakerjaan?" ujar Dadan di sela unjuk rasa itu.

Dadan mengatakan, pekerja yang seharusnya mendapatkan pesangon malah digugat sebesar Rp 5 miliar karena dituduh melanggar hukum. 

"Ini sebuah putusan pengadilan digugat lagi oleh pengusaha-pegusaha  hitam ini," kata Dadan Sudiana.

Baca juga: Blokade Jalur Provinsi, Buruh Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kantor DPRD Majalengka, Ini 5 Tuntutan Mereka

Dadan mengatakan, pada Kamis (14/07/2022), buruh akan mendatangi tiga lembaga, termasuk pengadilan Negeri Bandung dan Polda Jabar untuk melaporkan tindak pidana pengusaha yang tidak membayar pesangon.

"Karena Undang-undang Cipta Kerja sudah menetapkan itu," katanya.

Dadan mengatakan tiga buruh digugat Rp 5 miliar oleh PT Mustika Fortune Abadi di PN Bale Bandung.

"Yang di PN Bandung ada 188 orang, yakni di PT Hongkang ada 38 orang,  PT TMW ada 18 orang, dan PT SWI Bogor ada 180 orang. Jadi banyak sekali korban-korba dari perusahaan tersebut," kata Dadan Sudiana.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved