Pemkab Cirebon Gelontorkan Rp 1 Miliar untuk Obati Hewan Ternak yang Terjangkit PMK

Jumlah ternak yang terjangkit PMK cukup banyak, dari total kasusnya yang mencapai 1545 ekor, dan baru 663 ekor yang dinyatakan sembuh.

Tribun Jabar/ Kiki Andriana
ILUSTRASI vaksinasi untuk sapi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon menggelontorkan anggaran senilai Rp 1 miliar untuk menangani penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelontorkan anggaran senilai Rp 1 miliar untuk menangani penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Encus Suswaningsih, mengatakan, anggaran tersebut berasal dari alokasi belanja tak terduga (BTT).

Menurut dia, anggaran itu bakal digunakan untuk mengobati hewan ternak dari mulai sapi, kerbau, hingga domba yang terjangkit PMK.

Baca juga: Sebaran Kasus PMK di Kabupaten Cirebon Meluas Hingga 23 Kecamatan, 1.545 Hewan Ternak Terjangkit

Pasalnya, jumlah ternak yang terjangkit PMK cukup banyak, dari total kasusnya yang mencapai 1545 ekor, dan baru 663 ekor yang dinyatakan sembuh.

"Yang paling utama, anggaran ini digunakan untuk pengadaan obat dan vitamin," kata Encus Suswaningsih saat ditemui di Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Ampel, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (11/7/2022).

Ia mengatakan, anggaran tersebut juga rencananya bakal digunakan untuk vaksinasi PMK pada hewan ternak di Kabupaten Cirebon.

Saat ini, pelaksanaan vaksinasi PMK di Kabupaten Cirebon terkendala anggaran sehingga tidak dapat mengkaver seluruh populasi hewan ternak.

Pihaknya mengakui, hingga kini baru 400-an ekor hewan ternak di Kabupaten Cirebon yang telah divaksin PMK dosis pertama.

"Penggunaan anggarannya mencakup penanganan wabah PMK, dari mulai pengobatan, pemberian vitamin, hingga vaksinasi," ujar Encus Suswaningsih.

Ia menyampaikan, dana BTT itu pun telah disetujui sehingga dalam waktu dekat jajarannya mengadakan lelang untuk pengadaan obat, vitamin, dan vaksin PMK.

Baca juga: Golkar Bagikan Langsung 93 Sapi dan 48 Kambing Kurban, Airlangga Hartarto; Cegah Penyebaran PMK

Sementara total ternak yang terjangkit PMK yang mencapai 1545 ekor terdiri dari 1170 ekor sapi potong, 25 ekor sapi perah, 340 ekor kerbau, dan 10 ekor domba.

Selain itu, pihaknya mencatat sebanyak 663 hewan ternak di Kabupaten Cirebon yang didominasi sapi telah dinyatakan sembuh dari PMK.

"Vaksinasinya diprioritaskan ke hewan ternak yang belum terjangkit PMK, dan rencananya diberikan dua kali (dosis)," kata Encus Suswaningsih.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved