Kebakaran di Ciamis

Kampung Adat Kuta Ciamis Terbakar, Lima Rumah Termasuk Milik Ketua Adat Rata dengan Tanah

Kampung Ada Kuta di Ciamis, Jawa Barat, terbakar Senin (11/7/2022) sore. Lima rumah termasuk milik Ketua Adat hangus.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Istimewa/Tangkapan layar video warga
Lima rumah di Kuta Dalam, Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Ciamis ludes terbakar Senin (11/7/2022) sekitar pukul 16.00. Rumah yang terbakar termasuk milik Ketua Adat Kuta, Ki Warsim. Tiga korban sempat jatuh pingsan karena syok akibat kejadian tersebut. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Sebanyak lima rumah di Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Ciamis ludes terbakar, Senin (11/7/2022) sekitar pukul 16.00 sore.

Rumah yang terbakar masing-masing rumah Ketua Adat Kuta, Ki Warsim Satiaman (59), Sarjo, Tatang Boneng, Dasman dan Ki Carla. Jarak kelima rumah tersebut berdekatan.

Lima rumah yang terbakar tersebut berada di Blok Kuta Dalam, RT 01 dan 02/04, Kampung Adat Kuta. Rumah tersebut hangus berserta isinya rata dengan tanah.

Tiga orang sempat jatuh pingsan, yakni Ki Warsim, Dasman, dan Ki Carla.

“Kakak beradik Ki Carla dan Dasman bahkan sempat diinfus tadi di mobil ambulans yang datang ke lokasi. Keduanya sempat pingsan dan syok, tapi sekarang sudah agak mendingan mengungsi ke rumah anaknya,” ujar  Kepala Dusun Kampung Kuta, Didi Sardi ketika dihubungi .

Menurut Didi, kejadian kebakaran yang menghebohkan kampung adat yang berada di sisi Sungai Cijolang (perbatasan Jabar-Jateng) tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 sore.

“Kejadiannya tadi sekitar pukul 16.00, waktu Asar,” katanya.

Warga menyaksikan pertama kali kobaran api muncul di bagian atap rumah Ketua Adat Kuta, Ki Warsim.

“Tidak tahu asal api dari mana, tahu-tahu api sudah berada di bagian atap Ki Warsim. Mungkin saja dari korsleting, di Kuta, rumah pada pakai listrik,” ujar Didi.

Api cepat berkobar karena rumah warga di Kampung Kuta, umumnya  beratap ijuk dengan bahan bangunan kayu dan bambu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved