Beragam Modus Doni Salmanan saat Jadi Afiliator Quotex, Termasuk Unggah Video Seolah Menang Besar

Selama menjadi afiliator, Doni Salmanan diduga melakukan penyebaran berita bohong hingga penipuan menggunakan platform Quotex.

Tribun JabarNazmi Abdurahman
Doni Salmanan turut dihadirkan saat pelimpahan perkara di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Selasa (572022). Tribun JabarNazmi Abdurahman 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Modus Doni Salmanan saat menjadi afiliator Quotex terungkap.

Wakil Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, Didi Suhardi mengatakan, Doni Salmanan sudah menjadi afiliator sejak beberapa tahun lalu.

Selama menjadi afiliator, Doni diduga melakukan penyebaran berita bohong hingga penipuan menggunakan platform Quotex.

"Tersangka dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik, atau melakukan penipuan kepada masyarakat yang mendaftar trading di platform Quotex," ujar Didi, di Kantor Kejati Jabar, Jalan Riau, Kota Bandung, Selasa (5/7/2022).

Salah satu modusnya, Doni menguggah video trading seolah dirinya mendapat keuntungan besar. Hal itu dilakukan agar penontonnya percaya dan mengikuti jejaknya.

"Seakan-akan mendapatkan keuntungan yang besar dari bermain trading di platform Quotex dan berhasil memiliki barang-barang mewah dari hasil trading tersebut," katanya.

Doni juga disebut aktif mengajak orang lain untuk ikut bermain dan menyediakan link pendaftarannya.

"Tersangka juga mengiming-iming bahwa masyarakat yang bermain trading bersama dengan tersangka, akan mendapat keuntungan yang besar," ucapnya.

Baca juga: Doni Salmanan Segera Disidang, Dinan Fajrina Kangen Berat Pada Suami: Tuhan Tahu Kita Tangguh

Berdasarkan penelusuran, kata dia, ternyata platform Quotex tersebut tak terdaftar atau tidak memiliki izin di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Dari aktivitas penipuan itu, menurutnya Doni mendapatkan keuntungan sebesar Rp 3 miliar per bulan. Tak hanya itu, Doni juga mendapat Rp.40 miliar karena menjadi affiliator.

Sebelumnya, Doni Salmanan ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan penipuan menggunakan situs Quotex.

Doni dijerat Pasal 45A ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Pasal 3, Pasal 5, Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan/atau Pasal 378 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca juga: Ada Bukti 100 Item Kasus Quotex, Doni Salmanan Dititipkan ke Rutan Kebonwaru Bandung Selama 20 Hari

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved