Polresta Bandung Gerebek Pabrik Mi Berformalin, Ini Ciri-Ciri Makanan Berformalin

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Wiwit, menjelaskan ciri-ciri beberapa produk pangan yang mengandung formalin.

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Pabrik mi berformalin di beberapa rumah di Kabupaten Cianjur digerebek Mabes Polri dan Polres Cianjur. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Jajaran Polresta Bandung mengamankan pabrik mi berformalin, Rabu (29/6/2022).

Polisi telah melingkari pabrik mi berformalin itu dengan garis polisi. Pemilik pabrik dan dan tiga belas pekerjanya juga diamankan polisi.

Ternyata tak hanya mi yang kerap dicampur formalin oleh orang tak bertanggung jawab, melainkan juga sejumlah produk makanan lain.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Wiwit, menjelaskan ciri-ciri beberapa produk pangan yang mengandung formalin.

"Mi basah yang awet beberapa harin dan tidak mudah basi jika dibandingkan dengan yang tidak mengandung formalin," ujar Wiwit saat dihubungi melalui sambungan teleponnya, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Pabrik Mi Berformalin di Margaasih Bandung Terungkap, Sehari Bisa Produksi Dua Ton, Dipasok ke Pasar

Wiwit mengatakan makanan yang mengandung formalin biasanya bentuknya sangat bagus, kenyal, tidak mudah hancur, awet beberapa hari, dan tidak mudah busuk.

"Ayam potong yang berwarna putih bersih, awet, dan tidak mudah busuk. Ikan basah yang warnanya putih bersih, kenyal, insangnya berwarna merah tua bukan merah segar, awet sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk," ucapnya.

Menurutnya, bahaya makanan berformalin bagi tubuh manusia dapat bersifat akut dan  kronik.

"Bersifat akut, yakni efek pada kesehatan manusia langsung terlihat seperti iritasi, alergi, kemerahan, mata berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut, dan pusing," kata Wiwit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved