Antisipasi Penularan PMK Menjelang Iduladha, Disnakan Ciamis Sebar 40 Vaksinator

Mereka bertugas untuk menyuntikkan vaksin PMK ke sapi-sapi yang ada di kandang peternak, baik itu sapi kurban maupun sapi peliharaan.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Andri M Dani
Petugas vaksinator dari Disnakan Ciamis sedang memvaksin sapi milik warga di Kelurahan Cigembor Ciamis dan di Desa Pusaka Negara Baregbeg, Senin (27/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS- Mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang Iduladha ini, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis mengerahkan 40 petugas vaksinator.

Mereka bertugas untuk menyuntikkan vaksin PMK ke sapi-sapi yang ada di kandang peternak, baik itu sapi kurban maupun sapi peliharaan.

Para vaksinator itu dilepas secara resmi oleh Sekda Ciamis, Tatang, didampingi Kadis Peternakan dan Perikanan Ciamis,  Syarief Nurhidayat, pada upacara khusus di halaman Kantor Disnakan Ciamis, Senin (27/6/2022) pagi.

Tatang bersama Kasat Bimas Polres Ciamis, AKP Roesdiana, dan jajarannya memantau langsung vaksinasi sapi milik Unda (40) di Lingkungan Dusun Desa, Kelurahan Cigembor, Kecamatan Ciamis, dan sapi di kandang milik H Elan di Dusun Lawong RT 04/01, Desa Pusaka, Negara Kecamatan, Baregbeg, Senin (27/6) siang.

Menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap, mereka menvaksin sapi milik kedua peternak tersebut.

Menurut Kadisnakan Ciamis, Syarief Nurhidayat, dari sekitar 6.000 ekor sapi yang ada di Ciamis ada 1.586 sapi yang menjadi prioritas untuk divaksin yakni sapi sehat dan produktif termasuk juga sapi pedet dan sapi kurban.

Baca juga: Warga Berharap Ada Kekebalan Kelompok Setelah Gebyar Vaksinasi yang Digelar BIN RI

Untuk kegiatan vaksinasi tahap pertama ada 800 ekor sapi yang menjadi prioritas sasaran sesuai dengan jumlah dosis vaksin yang diterima dari Pemprov Jabar yakni sebanyak 800 dosis.

Sebanyak 18 vaksinator adalah petugas inseminator dan lebihnya petugas medis hewan serta dokter hewan.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dipimpin langsung Kabid Kesmavet dan Keswan Disnakan Ciami, drh Asri Kurnia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved