Vaksin PMK untuk Hewan Ternak Sudah Ada di Indonesia, Kota Bandung Masuk Gelombang I ?

Vaksin hewan ternak khusus untuk yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) telah ada di Indonesia yang didatangkan langsung dari Perancis.

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Hewan ternak di Kota Bandung, Kamis (16/6/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Vaksin hewan ternak khusus untuk yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) telah ada di Indonesia yang didatangkan langsung dari Perancis.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung mengaku masih menanti informasi lebih lanjut. Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan untuk pendistribusian ke Bandung masih belum ada informasinya.

"Kami belum tahu apakah Kota Bandung akan dapat vaksin kloter petama atau tidak," katanya, di Bandung, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Satpol PP Sumedang Diminta Tertibkan Pedagang Hewan Ternak di Pinggir Jalan, Waspadai PMK Meluas

Kabid Keamanan Pangan pada DKPP Kota Bandung, Ermariah menambahkan vaksin PMK akan lebih terfokus pada sapi yang berusia panjang. Hal tersebut berdasarkan informasi dari pusat..

"Sapi-sapi yang umurnya panjang akan diprioritaskan dahulu, semisal sapi perah dan sapi pejantan yang digunakan untuk inseminasi," ujarnya.

Data DKPP, Kota Bandung mempunyai sapi perah sebanyak 161 ekor dan sapi potong sebanyak 1.344 ekor. Ermariah mengaku belum dapat memastikan apakah Kota Bandung bakal masuk daftar distribusi vaksin PMK gelombang pertama atau tidak.

"Sapi perah di Bandung sedikit. Lalu, sapi potong memiliki umur relatif pendek, jadi bukan menjadi target utama dalam vaksinasi PMK. Sampai sekarang pemerintah pusat masih mengarahkan para peneliti membuat vaksin PMK sendiri sambil menunggu distribusi selanjutnya," katanya.(*)

Baca juga: Sebanyak 3.827 Hewan Ternak di Bandung Barat Terpapar PMK, Termasuk Domba, Terbanyak Sapi Perah

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved