MELIHAT Kamar Tahanan yang Pernah Dihuni Bung Karno di Lapas Sukamiskin

Melihat kamar tahanan yang sempat dihuni Soekarno alias Bung Karno di Lapas Sukamiskin Bandung yang kini masih utuh

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Pintu kamar tahanan yang pernah dihuni Bung Karno di Lapas Sukamiskin. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan jadi hari libur nasional. Selain itu, bulan Juni, kerap diperingati sebagai Bulan Bung Karno.

Pasalnya, di bulan Juni, bertepatan dengan hari lahir Soekarno pada 6 Juni 1901 dan juga bulan dimana Soekarno meninggal pada 21 Juni 1970.

Sebagai proklamator yang terlibat panjang dalam perjalanan panjang republik ini sejak era perang, masa pra kemerdekaan hingga masa kemerdekaan bahkan saat republik ini berdiri, Soekarno melewati masa-masa tidak mudah.

Salah satunya, dia pernah dipenjara di Lapas Sukamiksin Bandung yang kini, para terhukum yang penghuninya didominasi kasus korupsi dan tindak pidana umum kelas berat.

Kamar tahanan yang ditempati Bung Karno masih ada dan masih utuh hingga saat ini di Lapas Sukamiskin. Namun, yang pasti, kamarnya tidak ditempati siapapun alias dikosongkan.

Baca juga: Ini Sejarah Hari Lahir Pancasila, Diperingati Setiap 1 Juni, Bermula dari Pidato Bung Karno

Terhitung, Sang Proklamator berada di sana sejak 9 Desember 1930 hingga 31 Desember 1931. Dia disidang di Landraad, kini jadi Gedung Indonesia Menggugat.

Bekas kamar tahanan yang pernah dihuni Soekarno di Lapas Sukamiskin. Kamarnya berada di blok utara kamar nomor TA 01. Ruangannya berukuran sekira kurang dari 5 meter persegi. Foto diambil pada Jumat (20/12/2019).
Bekas kamar tahanan yang pernah dihuni Soekarno di Lapas Sukamiskin. Kamarnya berada di blok utara kamar nomor TA 01. Ruangannya berukuran sekira kurang dari 5 meter persegi. Foto diambil pada Jumat (20/12/2019). (Tribun Jabar/Mega Nugraha)

Sebelum dipindah ke Lapas Sukamiskin ini, Soekarno mendekam di Penjara Banceuy. Setelah vonis, dia baru dipindah ke Lapas Sukamiskin.

Dalam pledoinya, Soekarno menyampaikan pembelaannya yang mashyur, yakni Indonesia Menggugat.

Tribun sempat mengunjungi kamar tahanan yang pernah dihuni Soekarno pada Desember 2019.

Kamarnya berada di blok utara kamar nomor TA 01. Ruangannya berukuran sekira kurang dari 5 meter persegi.

Sebagian tembok dindingnya tampak seperti sudah lapuk. Kasurnya terbuat dari kapuk dengan penyangga kawat besi.

Di ujung kasur yang hanya muat untuk 1 orang itu, ada jendela setinggi kira-kira 1 meter dan lebar setengah meter. Dari jendela itu bisa terlihat bagian timur lapas. DI lantai, tampak ada sejadah, peci dan kopiah.

Sementara itu, ada lemari pakaian ditempel di dinding. Di bawahnya ada meja dan tersimpan tempat makan terbuat dari aluminium.

Di atas pintu kamar, dipasang dua foto Soekarno. Di sebrang kasur, juga ada meja dan kursi untuk menulis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved