Menjelang Idul Adha Harga Cabai Tetap Tinggi, di Petani Harga Cengek Domba Tembus Rp 50.000/kg

Harga berbagai jenis cabai di tingkat petani di sentra sayur mayur kawasan agropolitan Sukamantri  Ciamis seminggu pasca lebaran lalu sempat jatuh ke

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID
ILUSTRASI Pedagang cabai rawit 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Harga berbagai jenis cabai di tingkat petani di sentra sayur mayur kawasan agropolitan Sukamantri  Ciamis seminggu pasca lebaran lalu sempat jatuh ke angka kisaran Rp 12.000/kg.

Namun sejak pertengahan Mei harga berbagai jenis cabai di tingkat petani terus bergerak naik. Terutama sebagai dampak meningkatnya permintaan sementara stok terbatas.

Harga cabai rawit merah (cengek domba) yang pertengahan Mei lalu (Rabu, 18/5) sudah naik ke angka Rp 30.000/kg, Ternyata pada hari menjelang akhir bulan Mei ini (Selasa, 31/5) sudah menembus angka Rp 50.000/kg.

Pada kurun waktu yang sama, harga cabai merah besar (cabai lokal tanjung) naik dari Rp 39.000/kg jadi Rp 45.000/kg. Cabai merah keriting naik dari Rp 30.000/kg jadi Rp 40.000/kg.

“Kenaikan terjadi untuk semua jenis cabai. Hari ini (Selasa, 31/5) harga cabai merah besar di tingkat petani sudah Rp 45.000/kg, cabai merah keriting Rp 40.000/kg. Dan cabai rawit merah (cengek domba) sudah Rp 50.000/kg. Ini harga di tingkat petani,” ujar Pipin Arif A, petani cabai di Desa Cibeureum Sukamantri Ciamis kepada Tribun Selasa (31/5).

Pipin memperkirakan sampai hari H Idul Adha harga berbagai jenis cabai akan terus bergerak naik menyusul naiknya permintaan.

”Kemungkin terus naik, minimal tetap seperti tingkat harga seperti sekarang ini,” katanya.

Kenaikan harga cabai tersebut, menurut Pipin, tidak hanya di tingkat pasaran eceran tetapi juga di tingkat petani.

Dan kenaikan harga di tingkat petani di Sukamantri tidak hanya berkaitan dengan komiditi cabai saja. Tetapi juga tomat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved