Pelaku Pembawa Bom Mainan yang Coba Rampok Bank di Majalengka Belajar Rakit Bom dari Internet

Meski tidak ada unsur bahan peledak dalam rakitan bom mainan yang dibawa pelaku, namun material alat yang digunakan terlihat menyerupai bom sungguhan

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Reskrim AKP Febri Simosir memperlihatkan rakitan bom mainan yang digunakan pria inisial D untuk merampok salah satu bank di Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Senin (23/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Polisi mengungkapkan informasi terbaru terkait pelaku yang membawa rakitan bom mainan untuk melakukan percobaan perampokan di salah satu bank di Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka pada Senin (23/5/2022).

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi mengatakan, meski tidak ada unsur bahan peledak dalam rakitan bom mainan yang dibawa pelaku, namun sejumlah material alat yang digunakan terlihat menyerupai bom sungguhan.

Salah satunya, kabel timer dan tabung pipa yang disusun dengan diganti warna merah.

Baca juga: Satpam yang Gagalkan Teror Bom Palsu di Majalengka Dapat Penghargaan

"Rakitan bom itu terlihat rapi sehingga memang menyerupai bom sungguhan. Tapi kami ingatkan bahwa tidak ada unsur bahan peledak di dalamnya," ujar Edwin, Rabu (25/5/2022).

Edwin menyebut, pelaku yang diketahui berinisial D warga Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka itu diduga merakit alat yang menyerupai bom itu belajar dari internet.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan percobaan upaya perampokan, yang bersangkutan mencari tahu cara membuat bom di media sosial.

"Pelaku belajar dari internet, lihat-lihat di media sosial cara merakit bom. Itu ia lakukan beberapa hari sebelum pelaksanaan percobaan perampokan pada Senin kemarin," ucapnya.

Sehingga, sambung dia, cara merakit menyerupai bom sungguhan itu terlihat rapi.

Bahkan, siapa pun yang melihatnya, menyebut itu merupakan bom yang memiliki bahan peledak.

"Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, sampai hari ini di wilayah Majalengka aman. Teror bom kemarin hanya mainan dan pelaku sudah ditangkap," jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, warga Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, khususnya di kawasan Alun-alun Leuwimunding, dihebohkan dengan penangkapan seorang pelaku yang diduga membawa bom, Senin (23/5/2022).

Baca juga: DETIK-detik Pria Ancam Ledakkan Bom di Bank di Majalengka, Satpam Langsung Giring ke Alun-alun

Penangkapan pelaku diduga membawa bom sempat viral di berbagai grup WhatsApp.

Diketahui, pelaku seorang pria itu berkacamata, menggenakan kaos putih, topi hitam, menggendong tas dan celana pendek.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved