SEBENTAR LAGI Gaji Ke-13 Cair, PNS, TNI, Polri Siap-siap Cek Rekening, Kecuali untuk Golongan Ini

Simak di sini golongan yang tidak mendapatkan gaji ke-13 untuk ASN atau PNS, TNI, dan Polri tahun 2022.

Penulis: Rheina Sukmawati | Editor: Rheina Sukmawati
BANGKA POS
Illustrasi gaji ke-13. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Simak di sini golongan yang tidak mendapatkan gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri untuk tahun 2022.

Kabar gembira bagi para ASN atau PNS, TNI, dan Polri mengenai pencairan gaji ke-13 disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, pencairan gaji ke-13 merupakan upaya membantu kebutuhan pendidikan putra/putri ASN, TNI, dan Polri.

Melansir Kompas.com, gaji ke-13 diharapkan mampu membantu pendidikan putra/putri PNS, TNI, dan Polri khususnya dalam menyambut tahun ajaran baru Juli mendatang.

"Untuk gaji ke-13, pengaturan pemberian THR di dalam PP Nomor 16/2022 tersebut juga mengatur pemberian gaji ke-13 ini seperti yang selama ini dilakukan tujuannya untuk membantu seluruh aparatur, terutama saat menjelang tahun ajaran baru pada Juli," ujar Menkeu dikutip dari Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Sebagai informasi, ketentuan pencairan gaji ke-13 sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.05/2022 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke Tiga Belas Kepada Aparatur Negara, pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2022 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Aturan ini diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 14 April 2022 dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 18 April 2022 yang lalu.

Baca juga: Gaji ke-13 PNS Bisa Cair Lebih Cepat, Siap-siap Cek Rekening, Ini Jadwal Pencairan dan Besarannya

Golongan yang Tidak Akan Mendapatkan Gaji ke-13

Adapun dua golongan ASN yang tidak akan menerima gaji ke-13.

Pertama, ASN yang sedang cuti di luar tanggungan negara.

Kedua, ASN yang sedang bertugas dengan gaji ditanggung oleh instansi yang menugaskan.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Pasal yang mengatur pencairan gaji ke-13 tercantum pada pasal 12 yang menyebutkan, gaji ke-13 paling cepat dibayarkan pada bulan Juli 2022.

Tapi seperti pada ketentuan pencairan THR sebelumnya, apabila gaji ke-13 belum dapat dibayarkan tepat waktu terutama karena kendala teknis, maka dapat dibayarkan setelah bulan Juli.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved