Jalur Arteri Karawang Berpotensi Macet saat Jalan Tol Berlaku One Way ke Arah Jakarta

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono sebut jalur arteri Karawang berpotensi macet saat jalan Tol Japek berlaku one way dari GT Kalikangkung.

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cikwan
ILUSTRASI Jalan Arteri Karawang 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG- Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono sebut jalur arteri Karawang berpotensi macet saat jalan Tol Japek berlaku one way dari GT Kalikangkung.

"Memang ada titik kemacetan. Nanti kami akan  mempertebal jalur arteri, " kata Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono kepada Tribun Jabar di Rest Area KM 62 Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (6/5/2022).

Kapolres Karawang mengatakan, sejumlah titik jalur arteri yang bakal dipertebal pasukan untuk mengurai kemacetan itu di antaranya Simpang Jomin, Dawuan, Pasar Kosambi, Lampu Merah Klari, Lampu Merah Peundey.

Oleh karena itu, akan ada petugas yang selalu mengatur arus lalu lintas di lokasi tersebut agar arus balik tetap lancar.

Aldi menambahkan, pihaknya juga menyiapkan tim pengurai kemacetan. Tim itu akan bergerak cepat ke menuju titik kemacetan untuk langsung dilakukan penguraian.

Pantauan Tribun Jabar kepadatan kendaraan di arteri telah terjadi sejak Pukul 11.00 WIB. Dari lampu merah Karawang Timur memanjang hingga Purwasari. 

Baca juga: SAAT Ini Berlaku One Way dari GT Kalikangkung hingga Tol Japek

Sedang Berlaku One Way

Polisi berlakukan one way dari GT Kalingkakung hingga Tol jakarta Cikampek, Jumat (6/5/2022).

"Atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow hari ini, Jumat (06/05) dari GT Kalikangkung hingga Tol Jakarta-Cikampek," kata Dwimawan Heru, Corporate Communication Jasa Marga.

Adapun rincian one way dari GT Kalikangkung hingga Tol Japek itu dari KM 414 hingga Km 47 Jalan Tol Japek. Kemudian, diikuti dengan contraflow dua lajur dari Km 47 s.d Km 28+500 Jalan Tol Japek dimulai sejak pukul 14.00 WIB

"Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah timur) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah timur Jalan Tol Trans Jawa dari Cikampek s.d Semarang," katanya.

Dengan pemberlakuan itu, kendaraan dari arah Jakarta menuju Jateng harus menggunakan jalur arteri atau jalur alternatif. Yakni keluar GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Japek dilanjutkan ke Jalan Raya Klari - Kosambi - Cikampek - Simpang Jomin - Pantura.

"Sedangkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Bandung masih dapat menggunakan Jalan Tol Japek, Cipularang dengan melalui jalur alternatif, salah satunya yaitu dengan keluar GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Japek dilanjutkan ke jalan non tol hingga Purwakarta, masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju arah Bandung dan sekitarnya," kata dia.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved