Jalur Purwakarta-Subang Terkena Longsor, Polisi, TNI, dan Warga Gotong Royong Bersihkan Tanah & Batu

Evakuasi dilakukan secara manual untuk menyingkirkan longsoran tanah dan batu menggunakan sekop dan alat lainnya untuk bersihkan jalan.

Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Bersihkan material longsor di Jalur Purwakarta-Subang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Anggota kepolisian Polsek Wanayasa Polres Purwakarta bersama anggota TNI, Dinas Pemadam Kebakaran dan masyarakat melakukan proses pembersihan material longsor yang hampir menutupi sebagian jalur Purwakarta-Subang pada Rabu (4/5/2022).

Satu rumah milik warga di Kampung Krajan, Desa/Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, alami kerusakan.

Kapolsek Wanayasa, AKP Enjang Sukandi menjelaskan evakuasi dilakukan secara manual untuk menyingkirkan longsoran tanah dan batu menggunakan sekop dan alat lainnya untuk bersihkan jalan.

Baca juga: Pulang Silaturahmi, Iring-iringan Warga di Cianjur Tertimbun Longsor, 1 Orang Meninggal Dunia

"Kami dapat laporan dari warga bahwa telah terjadi tanah longsor dan menutupi sebagian akses jalan Purwakarta-Subang. Anggota kami langsung menuju lokasi untuk membantu warga. Kejadiannya terjadi pada pukul 19.30 WIB kemarin," katanya, Kamis (5/5/2022).

Kerja bakti pembersihan material longsor ini menjadi salah satu jalinan hubungan sinergitas dan wujud kepedulian Polri pada warga.

"Alhamdulillah kedua arah jalur Purwakarta-Subang sudah aman dilalui kendaraan," ucapnya.

Selain itu, Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengimbau kepada warga agar berhati-hati dan mewaspadai terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang mengingat cuaca yang sedang tidak menentu dan intensitas hujan yang tinggi.

"Kami minta warga di Purwakarta khususnya di dataran tinggi termasuk Wanayasa agar hati-hati saat hujan turun. Segeralah lapor jika terjadi hal yang membahayakan agar mengantisipasi dan mendeteksi dini terjadinya banjir maupun longsor. Kami bersama Babinkamtibmas terus mengecek setiap daerah terutama yang ada sungai atau rumah warga yang berada di lereng perbukitan," kata Suhardi.(*)

Baca juga: Dua Penambang Pasir yang Tertimbun Longsor di Bandung Barat Itu Ditemukan Tewas

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved