Mudik Lebaran 2022

Ini Skenario Pengaturan Lalu Lintas di Padalarang Selama Arus Mudik Lebaran 2022, Ada Pengalihan

Sedangkan terkait kendaraan yang nantinya akan melintas ke daerah Bandung Barat, terutama Jalan Raya Padalarang, diprediksi akan masuk setelah berbuka

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Ravianto
hilman kamaludin/tribun jabar
Lalu lintas di Kawasan Padalarang, Bandung Barat, Selasa (26/4/2022). 

Urai Kemacetan Saat Arus Mudik, Ini Skenario Pengaturan Lalin di Bandung Barat


Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pihak kepolisian telah menyiapkan skenario pengaturan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama arus mudik.

Hal tersebut disiapkan supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di setiap titik kemacetan, terutama di daerah pertigaan Cimareme dan titik lain yang ada di Bandung Barat maupun Kota Cimahi.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan, jika saat arus mudik nanti terjadi kemacetan hingga ke kawasan Ciburuy, maka pihaknya akan melakukan cara bertindak (CB) kanalisasi di depan Pasar Tagog Padalarang.

"Sehingga masyarakat yang akan menyeberang hanya satu titik, jadi nanti akan memudahkan petugas untuk melakukan penarikan dari arah Cianjur," ujarnya saat ditemui di Padalarang, Selasa (26/4/2022).

Sementara jika terjadi kemacetan hingga 6 kilometer, pihaknya akan mengalihkan kendaraan melalui Tagog Apu, kemudian akan dikeluarkan di daerah Panaris dan kendaraan mobil akan masuk ke Tol Padalarang.

Sedangkan terkait kendaraan yang nantinya akan melintas ke daerah Bandung Barat, terutama Jalan Raya Padalarang, diprediksi akan masuk setelah berbuka puasa dan setelah sahur.

"Kalau untuk sekarang masih sedikit, itu hasil pantauan kami. Tapi pemudik diperkirakan akan banyak melintas setelah buka puasa ataupun setelah sahur," kata Sudirianto.

Ia mengatakan, untuk puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 28 April 2022 mendatang, sehingga untuk pengaturan arus lalu lintas dan cara bertindaknya harus disiapkan dari sekarang.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik, apabila ada waktu akan mudik silakan dipercepat dari sekarang," ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan pemudik untuk menghindari penumpukan kendaraan selama arus mudik, terutama di titik kemacetan yang ada di Bandung Barat.

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved