Lansia di KBB yang Hilang saat Cari Rumput Ditemukan dalam Kondisi Lemas, Tim Alami Hal Janggal Ini

Apri ditemukan setelah ada warga yang memberikan informasi bawah Apri ada di sebuah saung, kemudian petugas langsung melakukan pengecekan ke lokasi

Istimewa/ BPBD KBB
Petugas saat melakukan evakuasi lansia yang hilang di hutan saat mencari rumput. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Apri (69) seorang lansia asal Kampung Panyandaan, RT 01/02, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang hilang saat mencari rumput akhirnya ditemukan, Senin (25/4/2022).

Seperti diketahui, Apri dilaporkan hilang pada Sabtu (23/4/2022). Kemudian petugas BPBD KBB bersama relawan dan warga sekitar melakukan pencarian hingga ke dalam hutan selama dua hari.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Bandung Barat, Amas Winata mengatakan, pencarian hari kedua dimulai sejak pagi dengan dibagi ke dalam empat regu yang menyisir ke seluruh area hutan.

"Namun hingga pukul 09.00 WIB tak kunjung ditemukan, kita istirahat dulu sekitar jam 9 pagi. Akhirnya dia ditemukan tadi sekitar pukul 10.30 WIB," ujarnya saat dihubungi, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Lansia di KBB Hilang saat Mencari Rumput ke Dalam Hutan, Keluarga Takut korban Lupa Jalan Pulang

Ia mengatakan, Apri ditemukan setelah ada warga yang memberikan informasi bawah Apri ada di sebuah saung, kemudian petugas langsung melakukan pengecekan ke lokasi yang ditunjukan warga.

Ternyata benar yang bersangkutan, kata Amas, ada di sebuah saung tersebut dalam kondisi lemas karena selama dua malam berada di hutan, korban tidak makan sama sekali.

"Jadi yang bersangkutan itu tidak bisa ditanya. Kita Langsung evaluasi pakai tandu ke rumahnya, tapi kondisinya memang pikun," kata Amas.

Selama melakukan pencarian, kata Amas, pihaknya merasa janggal karena sejak kemarin dilakukan pencarian pihaknya sudah menyisir seluruh area hutan, termasuk saung yang menjadi titik ditemukannya Apri.

"Saung itu juga sudah disasar tapi tidak ada. Bajunya juga enggak basah sama kotor sama sekali," ucapnya.

Sebelumnya, Istri Apri, Ani mengatakan, suaminya berangkat mencari rumput hingga ke dalam hutan tanpa diketahui oleh pihak keluarga, lalu saat mengetahui Apri tidak ada di rumah, ia bersama tetangganya langsung mencari ke hutan.

"Ketika bapak pergi, saya lagi kerja. Saya pulang sekitar jam 17.30 WIB, tapi saat itu bapak sudah enggak ada di rumah," ucap Ani.

Baca juga: Lansia di KBB Hilang saat Mencari Rumput ke Dalam Hutan, Keluarga Takut korban Lupa Jalan Pulang

Ani mengatakan, kondisi Apri memang sudah pikun sejak jatuh sakit setahun yang lalu, sehingga dia menduga bahwa suaminya lupa ingatan jalan pulang ke rumahnya.

"Kemungkinan bapak lupa jalan pulang. Mudah-mudahan bapak masih bisa ditemukan dalam keadaan selamat," ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved