Mau Bagi-Bagi THR Lebaran, Begini Cara Pre Order Tukar Uang Baru di Kantor Kas Keliling BI Cirebon

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo, mengatakan, layanan itu dibuka melalui sistem preorder di laman https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Darajat Arianto
(TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
ILUSTRAASI warga menukar uang pecahan baru di mobil kas keliling 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon membuka layanan penukaran uang pecahan baru.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo, mengatakan, layanan itu dibuka melalui sistem pre order di laman https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling.

Menurut dia, Mobil Kas Keliling BI Cirebon membuka layanan penukaran uang baru di sejumlah wilayah Ciayumajakuning mulai 6 - 29 April 2022.

"Sistemnya pre order, sehingga masyarakat memesan dahulu melalui laman aplikasi PINTAR kemudian memilih tanggal dan lokasinya," ujar Hestu Wibowo saat konferensi pers di KPw BI Cirebon, Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, Kamis (7/4/2022).

Ia mengatakan, Mobil Kas Keliling BI Cirebon tersebut baru beroperasi kembali pada 2022 setelah vakum dalam dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

Adapun tata cara pre order atau pemesanan penukaran uang pecahan baru melalui kas keliling ialah memilih menu kas keliling pada halaman utama PINTAR.

Selanjutnya memilih provinsi lokasi penukaran uang pecahan baru melalui kas keliling yang diinginkan.

Nantinya, laman aplikasi PINTAR tersebut akan menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih.

Langkah selanjutnya adalah mengisi data pemesanan meliputi NIK KTP, nama, nomor telepo, dan alamat email, dan mengisi jumlah lembar uang rupiah yang akan ditukarkan.

Namun, penukaran melalui kas keliling harus sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan Bank Indonesia.

Setelah data-data tersebut diisi, masyarakat akan memeroleh bukti pemesanan layanan penukaran uang pecahan baru melalui kas keliling.

Bukti pemesanan tersebut wajib dibawa saat menukarkan uang pecahan baru di kas keliling dan hanya berlaku di lokasi serta tanggal yang tertera di dalamnya.

"Masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan baru di kas keliling juga wajib menerapkan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Hestu Wibowo. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved