Peternak Sapi di Sumedang Jadi Pilot Project KUR Bank bjb

Menurut Dony Ahmad Munir, bank bjb menyalurkan kredit sebesar Rp 1,4 miliar untuk 23 orang peternak, masing-masing mendapat Rp 65 juta.

Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Penandatanganan akad kredit pilot project pengembangan budidaya sapi model kemitraan melalui fasilitas bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) di kantor Bank bjb Cabang Sumedang, Kamis (17/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- Sebanyak 23 peternak sapi Cibugel dan Cijati menjadi pilot project pengembangan budidaya sapi model kemitraan melalui fasilitas bantuan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank bjb Cabang Sumedang

Penandatanganan akad kredit dilaksanakan pada Kamis (17/3/2022) di kantor Bank bjb Cabang Sumedang, disaksikan oleh Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, didampingi Pimpinan Cabang Bank bjb Sumedang Ahmad Juansyah, dan pemilik PT Cemerlang Jaya Makmur, M Dio Wicaksonoadi. 

Pimpinan Cabang Bank bjb Sumedang, Ahmad Juansyah, menyebut kegiatan itu merupakan wujud nyata Bank bjb dalam menyukseskan program ekonomi nasional melalui kerja sama dengan PT CJM yang mendirikan plasma-plasma peternakan sapi di Kabupaten Sumedang

"Program ini diharapkan akan menghasilkan peternak-peternak unggulan yang turut membantu pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sumedang," kata Ahmad Juansyah.

Menurut Ahmad Juansyah, bank bjb akan terus mendukung peningkatan perekonomian masyarakat melalui fasilitasi akad kredit kelompok perternak. 

Baca juga: Program CSR Bank BJB Kian Bermanfaat Bagi Masyarakat

"Kegiatan ini saya harapkan tidak hanya di Cibugel dan Cijati, namun akan ada di seluruh kecamatan dan bjb siap membangun perekonomian di Kabupaten Sumedang dan menjadi percontohan di seluruh Indonesia," tuturnya. 

M Dio Wicaksonoadi selaku penjamin pembelian hasil peternakan (offtaker), mengatakan bahwa 23 peternak penerima pinjaman tersebut menjadi salah satu pilot project budidaya sapi model kemitraan di Kabupaten Sumedang

"PT CJM memiliki mitra di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, namun Kabupaten Sumedang menjadi prioritas PT CJM. Saya memilih Kabupaten Sumedang karena melihat komitmen Bupati Sumedang," tuturnya. 

Ada pun jumlah sapi yang diternakkan oleh masing-masing yakni 3 ekor sehingga dari 23 orang keseluruhannya mencapai 69 ekor. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved