Berita Bank bjb

Bank BJB Komimen Dorong Kesejahteraan UMKM

Bank bjb mendorong UMKM salah satunya berkolaborasi dengan Paguyuban Pedagang Mi & Bakso (PAPMISO)

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Siti Fatimah
dok bjb
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara bank bjb dengan PAPMISO Indonesia tentang Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan digelar Selasa (15/2022) di Tangerang. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) melakukan kolaborasi dengan Paguyuban Pedagang Mi & Bakso (PAPMISO). Penandatanganan Nota Kesepahaman antara bank bjb dengan PAPMISO Indonesia tentang Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan digelar Selasa (15/2022) di Tangerang.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, mengatakan bahwa bank bjb senastiasa menjadi sahabat pelaku UMKM khususnya para pedagang mi ayam dan bakso.

Hal ini pun digelar untuk mendorong kesejahteraan para pedagang yang tergolong pelaku UMKM.

Baca juga: DigiCash Bank BJB Jadi Alat Pembayaran Festival Kuliner Minangkabau

"bank bjb merupakan sahabat UMKM para pedagang mie ayam dan bakso karena para pedagang punya peran penting untuk mendorong perekonomian," ujar Widi dalam keterangan resminya. 

Di acara yang dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Ketua PAPMISO Indonesia Supriyadi, Sekretaris Umum PAPMISO Indonesia Bambang Hariyanto.

Sedangkan dari bank bjb dihadiri Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bank bjb Isa Anwari, Deputi Regional 4 Somi M. Yunus, Pemimpin Cabang Tangerang Bustami, serta internal bank bjb dari divisi hubungan kelembagaan, divisi kredit UMKM, divisi digital banking, unit DPLK, Regional 4 dan Kantor Cabang Tangerang.

Baca juga: Menuju Elite Bank, Bank BJB Luncurkan Berbagai Inovasi

Dia menjelaskan kerja sama bank bjb dengan PAPMISO Indonesia meliputi penerbitan QRIS untuk para anggota, serta penyaluran kredit UMKM.

Selain itu, kata Widi, kolaborasi ini juga punya potensi dari sisi peningkatan DPK bank bjb dalam bentuk tabungan/giro, pembukaan DPLK, pemanfaatan ATM co branding, pemasangan QRIS untuk para anggota secara lebih luas karena anggota PAPMISO Indonesia mencapai 4.500 orang.

"Kerja sama bank bjb dengan para pedagang mie ayam dan bakso akan saling menguntungkan terkait penyaluran kredit, pengenalan digitalisasi kepada para pedagang, layanan informasi keuangan, serta jasa layanan perbankan lainnya sesuai dengan kesepakatan," kata dia.

Baca juga: Rights Issue bank bjb Sukses Besar, Hari Pertama Lebih dari 75% Diserap Investor

Sebelumnya, komitmen bank bjb untuk mensejahterakan UMKM juga dilakukan di Ciayumajakuning. Pada kesempatan ini bank bjb menyampaikan dukungan kepada pelaku usaha ekraf yang juga sebagai pelaku UMKM dalam menggunakan layanan transaksi digital menggunakan DIGI by bank bjb serta QRIS, akses permodalan, dan layanan Program PESAT melalui aplikasi DiSentra.

Menurut Widi Hartoto, selain memberikan pinjaman modal kepada pelaku UMKM, bank bjb juga memiliki Program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) yang merupakan program pemberdayakan UMKM.

Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas usaha bagi pelaku usaha sehingga diharapkan UMKM semakin maju dan berkembang.

Selain itu, bank bjb juga mendukung pemerintah pusat dengan menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) terutama kepada klaster berbasis komoditi unggulan.

Salah satunya, pelaku UMKM bisa dengan sangat mudah mengajukan pinjaman dan mengirimkan berkas syarat melalui aplikasi bjbLAKU.

"bank bjb merupakan sahabat UMKM karena memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha mulai dari pembiayaan atau kredit, peningkatan kapasitas, perluasan pasar, dan lainnya. bank bjb senantiasa mendukung langkah UMKM sebagai penggerak roda perekonomian dengan mempermudah akses keuangan dan fasilitas perbankan bagi para pelaku usaha," kata Widi.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved