Tak Berizin, IKM Sparepart di Karawang Disidak Pemkab, Berproduksi Sejak 2019 dan Jualan di Online

Tidak memiliki izin, sebuah industri kecil dan menengah di Desa Pancawati, Purwasari, Karawang disidak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karawang

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/CIKWAN SUWANDI
Pegawai Disperindag menunjukkan produk body custom motor yang dibuat industri kecil dan menengah di Karawang yang ternyata belum berizin, Rabu (9/3/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Karawang, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID,KARAWANG - Tidak memiliki izin, sebuah industri kecil dan menengah (IKM) di Desa Pancawati, Kecamatan Purwasari, Karawang disidak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang.

Sidak itu dilakukan bersama Satpol PP Karawang dalam rangka pengecekan kelengkapan izin usaha tersebut, terutama Izin Usaha Industri (IUI).

"Hasil sidak pelaku industri body custom tidak memiliki dokumen IUI, " kata Kepala Disperindag Karawang Ahmad Suroto kepada Tribun Jabar, Rabu (9/3/2022).

Pihaknya akan memberikan tenggat waktu hingga 7 hari mendatang bagi pelaku usaha industri kecil dan menengah untuk mengurus surat IUI yang dikeluarkan oleh Disperindag.

"Kalau tidak diikuti akan kami tutup. Tetapi karena ini juga IKM, pasti kita akan membinanya, karena ini merupakan potensi IKM Karawang," katanya.

Suroto juga menyarankan supaya pihak perusahaan untuk memperbaiki tempat produksinya.

"Kalau mereka melengkapi izin dan terbina. Ini bisa dibantu oleh Kementerian Perdagangan, " katanya.

Sementara itu, pemilik usaha industri body custom motor, Asep Hidayat mengaku akan segera mengurus kekurangan Surat IUI yang belum dimilikinya.

"Tentu ini kewajiban kita, atas kedatangan Disperindag kesini jelas sangat membantu kami saat ada kekurangan prosedur administrasi dari usaha industri yang tengah dirintis, jelas kami akan segera melengkapi kekurangannya," katanya.

Menurut Asep, usahanya ini memproduksi body custom motor sejak tahun 2019.

Produknya itu berupa variasi sepeda motor dan dipasarkan melalui marketplace di beberapa aplikasi online shop. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved