1061 PTSL Dibagikan di Lima Desa di Karawang, Bantu Warga Miliki Bukti Surat Kepemilikan Lahan

Terbitnya sertifikat ini menjadi akses ekonomi bagi masyarakat. Sebab, nilai ekonominya secara otomatis bertambah.

Penulis: Cikwan Suwandi | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Cikwan Suwandi
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa memantau langsung pembagian sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Cikwan Suwandi

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa memantau langsung pembagian sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 1.061 bidang tanah untuk masyarakat di lima desa di Kabupaten Karawang.

Saan mengatakan, kalau dirinya mendukung penuh program pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN.

Ia mengatakan, Jawa Barat ditarget 1,2 Juta Sertifikat PTSL. Sementara di Karawang sendiri sebanyak 57 ribu.

Baca juga: Apa Itu Suretyship dari Jamkrindo, Dikenalkan ke Pemkab Karawang Agar Aman Jalankan Proyek Tender

"Kedua, ini semangat untuk mewujudkan keadilan sosial atas hak tanah. Masyarakat ini kan mendapatkan keadilan terkait hak atas penguasaan tahan. Penguasaan itu salah satu bentuknya sertifikat," kata Saan kepasa wartawan Kamis (24/3/2022).

Saan mengungkapkan, PTSL bisa membantu urusan tanah. Menurutnya masyarakat yang menempati lahan untuk rumah atau kebun bisa mendapat kepastian hukum. Pasalnya, sertifikat merupakan surat bukti kepemilikan tertinggi. Sehingga lahan yang ditempati terjamin secara hukum.

Di samping itu, terbitnya sertifikat ini menjadi akses ekonomi bagi masyarakat. Sebab, nilai ekonominya secara otomatis bertambah.

"Kalau misalnya mereka miliki sertifikat tentu nilai ekonominya bertambah. Beda kan kalau suratnya masih girik, sekarang berubah jadi sertifikat, tentu harga akan berbeda. Sehingga meningkatkan ekonomi," ulasnya.

"Selain itu akses ekonomi bisa didapat dengan cara dijaminkan kalau misalnya mereka butuh modal, apakah untuk berjualan atau bercocok tanam. Jelas mengapa kita dorong PTSL itu ada," papar Saan.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat, Dalu Agung Darmawan menambahkan, terkait dengan adanya program PTSL yang saat ini sedang berjalan, tentunya masyarakat akan memiliki bukti surat kepemilikan lahan yang sah yaitu sertifikat.

Baca juga: Korban Kebakaran Pesantren di Karawang Ada yang Berpelukan dan Ada yang Sedang Coba Buka Jendela

Dirinya juga mengungkapkan, di lima desa tercatat ada kurang lebih sekitar 1.061-an sertifikat tanah yang dibagikan ke masyarakat.

"Tolong disampaikan kepada tetangga ibu dan Bapak sekalian, sehingga warga di lingkungan sekitar khususnya di wilayah Desa Srikamulyan bisa terselesaikan, apabila di dalam kepercayaannya ada hal-hal yang kurang memungkinkan, karena di beberapa tahun yang lalu masih ada yang memerlukan penyempurnaan, jadi tolong di sampaikan," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved