Daftar 54 Pati TNI AD yang Dapat Kenaikan Pangkat, Selain Maruli dan Agus Subiyanto Ada Satu Kowad

Ada 54 perwira TNI AD yang mendapat kenaikan pangkat. Ini daftar namanya.

Editor: taufik ismail
IStimewa
Mayjen Maruli Simanjuntak dan istrinya, Paulina Uli Pandjaitan (Youtube TNI AD). Maruli yang menjabat sebagai Pangkostrad mendapat kenaikan pangkat dan kini pangkatnya Letjen. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Lima puluh empat perwira tinggi (Pati) TNI AD mendapat kenaikan pangkat.

Sebanyak empat Pati naik menjadi jenderal bintang tiga atau Letjen, satu di antaranya Pangkostrad Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Mabesad, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Maruli Simanjuntak yang merupakan menantu Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan itu menjadi Pati termuda.

Ia merupakan lulusan Akmil 1992 yang kini mendapat kenaikan pangkat menjadi Letjen.

Tiga Pati TNI AD lain yang kini menyandang pangkat bintang tiga yakni Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto lulusan Akmil 1991.

Selanjutnya Dankodiklatad LetjenTNI Ignatius Yogo Triyono lulusan Akmil 1988 serta Pangkogabwilhan III Letjen TNI I NyomanCantiasa lulusan Akmil 1990.

Dalam amanatnya KSAD Dudung Abdurachman meminta para Pati TNI AD bisa mencermati perubahan paradigma TNI saat ini yang lebih dinamis dan humanis. 

Tantangan globalisasi seperti nilai-nilai pragmatisme yang berupaya menyusup dan mengikis karakter dan jiwa ksatria bangsa yang selama ini dijaga TNI AD juga perlu diwaspadai.

"Program pembinaan satuan dan pendidikan perlu dioptimalkan dalam membangun personel dan satuan yang adaptif terhadap dinamika perkembangan teknologi dan budaya global," ujar Dudung.

Lebih lanjut Kasad juga meminta para Pati dapat menjadi teladan dan inspirasi yang baik bagi bawahan. 

Menurut Dudung hal tersebut dapat membuat organisasi TNI AD akan memiliki prajurit yang tidak hanya sanggup mengorbankan jiwa dan raganya, namun juga memiliki keluhuran budi sebagai ksatria bangsa.

"Saya mendorong kepada para perwira untuk terus mengembangkan kepemimpinan, kinerja, kreativitas dan kemampuan manajerial sesuai level jabatan masing-masing, yang dilandasi keyakinan untuk berbuat yang terbaik, memiliki imajinasi, inovasi, visi, misi serta harapan dan cita-cita," ujar KSAD Dudung. 

Adapun 50 Pati TNI AD lainnya yang mendapat kenaikan pangkat yakni 10 Pati naik menjadi bintang dua, delapan orang di antaranya berdinas di dalam struktur TNI AD dan dua berdinas di luar TNI AD.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved