Membanggakan, Inilah Merek Indonesia yang Dikenal Hingga Mancanegara

kualitas merek Indonesia juga mampu bersaing di kancah internasional. Buktinya, banyak brand yang terkenal hingga luar negeri.

Editor: Kisdiantoro
kontan
Salah satu produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Indomie. 

TRIBUNJABAR.ID - Reputasi sebuah merk/ brand, tidak dapat dipungkiri termasuk tolok ukur untuk memilih dan menentukan produk yang hendak dibeli. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, banyak Trademark Indonesia yang merambah ke luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa kualitas merek Indonesia juga mampu bersaing di kancah internasional. Apa saja brand asal Indonesia yang dikenal sampai luar negeri?

1. Kopiko

Penggemar drama Korea tampaknya lebih dulu menyadari kehadiran Kopiko di salah satu serial TV Korea berjudul Vincenzo. Permen kopi lokal buatan PT Mayora ini telah dikenal ke berbagai negara. Sebut saja Singapura, Jerman, Korea Selatan, hingga Australia yang memasarkan permen berperisa kopi ini di negaranya.

Masyarakat dapat dengan mudah menemukan permen Kopiko di berbagai supermarket Amerika maupun Eropa. Rasa kopi yang mudah diterima oleh masyarakat menjadikannya populer, apalagi berbentuk permen yang bisa dimakan praktis kapan saja.

2. Terry Palmer

Trademark Indonesia berikutnya yang berhasil mendunia adalah produk handuk bernama Terry Palmer. Melihat gerainya yang banyak ditemukan di mal, mungkin banyak yang mengira Terry Palmer merupakan produk impor.

Padahal brand ini merupakan keluaran PT Indah Jaya, dengan kualitas terjamin dan varian handuk yang beragam. Mulai dari handuk olahraga, mandi, wajah, dan lain-lain. Mutu yang tak diragukan lagi membuatnya dipasarkan hingga Jepang, Eropa, bahkan Amerika Serikat.

3. J.CO

Sering dikira produk dari luar negeri, J.CO sebenarnya produk buatan lokal. Brand yang terkenal akan donut dan cafe-nya ini menyediakan berbagai varian donat dan kopi yang lezat. Johnny Andrean Group adalah pemilik merk ini semenjak 2006, dan terus berkembang hingga ke berbagai negara di Asia. Gerainya dapat ditemukan di Singapura, Malaysia, Tiongkok, serta Filipina.

4. Indomie

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved