Pemkot Bandung

SIMAK Syarat Naik Transportasi Umum dari Kota Bandung yang Berstatus PPKM Level 3

Syarat bepergian menggunakan transportasi umum di Kota Bandung di masa PPKM Level 3, baik transportasi bus, kereta api hingga pesawat terbang.

tribunjabar/siti fatimah
Mau Naik Kereta Api? Mulai Hari Ini Stasiun Bandung Layani Rapid Test, Berikut Persyaratannya 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Syarat naink transportasi umum dari Kota Bandung di masa PPKM Level 3, baik transportasi bus, kereta api hingga pesawat terbang.

Nah, sebelum kamu bepergian, tak ada salahnya pahami ketentuan berikut ini.

Pertama, jika hendak menggunakan bus untuk bepergian ke luar kota, maka harus sudah mendapat dua kali dosis vaksinasi.

Koodinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Leuwipanjang, Asep Hidayat,  menjelaskan, para calon penumpang harus menunjukan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Status PPKM Level 3 di Bandung Raya Sangat Berimbas Pada Kunjungan Wisatawan di Kawah Putih

Melalui aplikasi tersebut dapat diketahui status vaksinasi calon penumpang. Jika belum mendapatkan dua kali dosis vaksin, maka tidak bisa melakukan perjalanan.

"Vaksinasi syarat utama. Ada yang belum bisa divaksin, maka kami minta sediakan surat keterangan tidak bisa divaksinnya," ucap Asep.

Lalu, bagi kamu yang memilih jalur udara atau bepergian dengan pesawat terbang, kebijakan penerbangan di Pulau Jawa dan Bali untuk PPKM level 3 adalah menyertakan hasil rapid antigen untuk anda yang sudah mendapat dua kali dosis vaksin dengan melakukan pemindaian lewat aplikasi PeduliLindungi.

Jika dosis vaksin anda kurang dari dua kali, maka kamu perlu menyertakan PCR sebagai syarat keberangkatan.

"Luar Pulau Jawa dan Bali, itu harus PCR," ujar General Manager Bandara Husein Sastranegara, Cin Asmoro.

Sementara itu, bagi kamu yang memilih kereta api sebagai transportasi, maka anda perlu menyertakan pemeriksaan tes rapid negatif atau PCR.

PT Kereta Api Indonesia pun telah menyediakan layanan tes di stasiun-stasiun mereka, salahsatunya di Stasiun Bandung untuk keberangkatan dari Kota Bandung. Tarif tesnya Rp 35.000.

Selain itu, calon penumpang juga perlu menyertakan bukti telah mendapat satu kali dosis vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi. Syarat ini berlaku untuk anak-anak maupun orang dewasa.

"Saat ini kami masih mengacu pada SK Kemenhub yang berisi pembatasan kapasitas sebanyak 80 persen untuk perjalanan jarak jauh dan 70 persen untuk KA Lokal," kata Humas PT. KAI DAOP 2 Bandung, Kuswardoyo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved