Serangan Balas Dendam Hacker sempat Bikin Lumpuh Jaringan Internet Negeri Kim Jong Un

Seorang hacker asal Amerika Serikat mengaku seorang diri melancarkan serangan balas dendam dan melumpuhkan jaringan internet Korea Utara

Penulis: Adi Sasono | Editor: Adi Sasono
afp
Sebuah foto tanpa tanggal dirilis oleh Korean Central News Agency (KCNA) memperlihatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang menginspeksi pabrik peluru bersama para pejabat militer. 

TRIBUNJABAR.ID - Jaringan internet Korea Utara (Korut) sempat dua kali 'down' pada Januari 2022. Sejumlah situs yang dikendalikan pemerintah otoriter itu tidak bisa diakses sama sekali.

Saat itu muncul beberapa spekulasi soal insiden itu, antara lain serangan siber yang disponsori pemerintah Barat.

Namun, laporan terbaru menunjukkan serangan siber itu dilakukan oleh seorang hacker asal Amerika Serikat sendirian.

Seorang hacker yang menyebut dirinya P4x mengaku kepada Wired melakukan serangan siber itu sebagai bentuk balas dendam terhadap negara pimpinan diktator Kim Jong Un itu.

Kepada Wired, seperti dilansir Yahoo!News, aksi balas dendam atau serangan balik itu dilakukan setelah ia merasa menjadi sasaran serangan siber oleh para spion atau mata mata Korut.

Baca juga: Nasib Warga Korea Utara yang Hina Kim Jong-un, Sebut Kim Anak S*****

Serangan siber spionase Korut itu membuat P4x frustrasi apalagi ia merasa pemerintah AS lambat dalam merespons.

"Kalau mereka melihat kita tidak bergigi, mereka akan terus menyerang. Maka, saya ingin mereka paham bahwa kalau kalian menyerang, infrastruktur kalian akan 'down' sementara," kata P4x.

P4x juga menunjukkan tangkapan layar yang terverifikasi sebagai bukti bahwa dialah yang bertanggung jawab atas terhentinya layanan internet di Korut itu.

Menurut laporan, warga Korut masih bisa mengakses segelintir situs dari luar negeri yang memang diizinkan pemerintah.

Namun, semua situs internal negara itu, email dan seluruh sistem tidak berfungsi. Kejadian ini sudah dibenarkan secara independen oleh Pingdom dan peneliti Junade Ali.

Namun, serangan P4x itu tidak menimbulkan dampak yang masif buat warga Korut karena sebenarnya yang punya previlese akses internet di negara itu tidak banyak.

Baca juga: Korea Utara Kembali Uji Coba Rudal Balistik dari Kereta Api, Korea Selatan Makin Panas

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved