Pesawat Susi Air Diusir dari Hanggar, Wagub Kaltara: Tentu Pemda Punya Alasan

Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Yansen TP, menegaskan, Pemkab Malinau punya alasan mengusir pesawat Susi Air dari hanggar.

Editor: Giri
Video Twitter Susi Pudjiastuti
Petugas sedang memindahkan pesawat Susi Air dari hanggar di Bandara Malinau, Provinsi Kalimantan utara (Kaltara), pada Rabu (2/2/2022). 

TRIBUNJABAR.ID - Peristiwa pengusiran pesawat Susi Air milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dari hanggar Bandara Robert Atty Bessing, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Rabu (2/2/2022), viral bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter. 

Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Yansen TP, menegaskan, Pemkab Malinau punya alasan melakukan hal tersebut.

"Tentu pemda punya alasan dan tidak etis mengungkapkan hal-hal antara pemda dan maskapai," kata Yansen, saat dikonfirmasi dari Tarakan, Rabu (2/2) malam, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, alasan di balik kebijakan Pemkab Malinau itu sebaiknya dikonfirmasi dulu agar tidak timbul saling menyudutkan.

"Sebaiknya kita fokus melakukan pelayanan terbaik untuk perbatasan, karena pelayan komersial apalagi melayani subsidi harus memenuhi asas manfaat dan saling memuaskan," kata Yansen yang pernah menjabat Bupati Malinau dua periode.

Yansen menjelaskan, tidak hanya aspek bisnis yang dicapai, tetapi terpenuhinya kebutuhan perbatasan berupa kelancaran distribusi barang dan orang, agar kondusifitas di perbatasan bisa tercipta.

"Harapan kita jangan meramaikan kebijakan pemda ini, supaya tidak ada yang disudutkan," kata Yansen.  

Sebelumnya diberitakan, pesawat perintis Susi Air diusir dari hanggar Bandara Robert Atty Bessing Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Rabu (2/2/2022).

Dalam video yang diunggah pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti, lewat akun Twitter-nya, tampak pemindahan paksa itu melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja.

Kuasa hukum Susi Air, Donal Fariz mengatakan, dikeluarkannya pesawat secara paksa karena masa sewa Susi Air di hanggar Bandara Robert Atty Bessing, habis pada 31 Desember 2021.

Sebelum tanggal tersebut, manajemen Susi Air sudah mengajukan perpanjangan masa sewa hanggar sejak November 2021.

Namun, permintaan itu ditolak.

Donal menyebut, hanggar itu malah disewakan ke maskapai penerbangan lain sejak Desember 2021. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Susi Air Diusir dari Hanggar Malinau, Wagub Kaltara: Pemda Punya Alasan, Tak Etis Mengungkapkannya", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2022/02/03/164841778/pesawat-susi-air-diusir-dari-hanggar-malinau-wagub-kaltara-pemda-punya?page=all#page2.

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved