SundaTanpaPDIP Gaduh di Twitter Imbas Arteria Dahlan, Suara PDIP di Jabar Terancam di Sumbar-kan?

PDI Perjuangan jadi bulan-bulanan netizen yang menggemakan tagar SundaTanpaPDIP. Hal itu imbas dari pernyataan blunder Arteria Dahlan

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Mega Nugraha
SundaTanpaPDIP Gaduh di Twitter Imbas Arteria Dahlan, Suara PDIP di Jabar Terancam di Sumbar-kan?
Istimewa
Capture tagar trending di Twitter

TRIBUNJABAR.ID- Sejak Kamis (20/1/2022) malam, PDI Perjuangan jadi bulan-bulanan netizen Twitter, imbas pernyataan Arteria Dahlan singgung bahasa Sunda di Rapat Komisi III DPR RI.

Pantauan Tribun pada Jumat (21/1/2022) pagi, tagar SundaTanpaPDIP masih bergema di lini massa Twitter. Tercatat sudah 17 ribu cuitan dari netizen yang menjadikan PDI Perjuangan sebagai bulan-bulanan.

Dalam cuitannya, di lini masa Twitter, mayoritas netizen mengkritik PDI Perjuangan, tak sedikit pula yang mengkritisi pemerintahan Jokowi yang diusung PDI Perjuangan.

Tak sedikit pula netizen yang mengunggah foto Arteria Dahlan.

Baca juga: KAMU Perlu Tahu, Tak Mudah Polisi Periksa Arteria Dahlan di Kasus Bahasa Sunda, Simak Penjelasannya

Sunda sendiri merujuk pada suku Sunda yang saat ini mayoritas mendiami wilayah Jabar. Data BPS 2010 sebagaimana dikutip Kompas.com, menyebutkan bahwa jumlah suku Sunda tercatat sebanyak 35 juta atau suku terbanyak kedua di Indonesia.

Baca juga: Kisruh Arteria Dahlan Soal Dugaan Rasis, Ternyata Suku Sunda Suku Terbanyak Kedua di Indonesia

Sementara itu, merujuk pada raihan suara Pemilu 2019, suara PDI Perjuangan di Jabar sebanyak 3.510.525 suara atau terbanyak kedua.

Di posisi pertama, ada Partai Gerindra sebanyak 4.320.050 suara. Di posisi ketiga, ada PKS dengan suara 3.286.606.

Sedangkan di raihan suara Pilpres 2019 dimana PDI Perjuangan mengusung Jokowi, juga kalah di Jabar. Pasangan Jokowi - Maaruf Amin meraih suara 10.750.568.

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno meraih 16.077.446.

Raihan suara PDIP di Jabar sendiri terbilang cukup besar. Ada kekhawatiran imbas pernyataan blunder Arteria Dahlan semakin menggerus suara PDI Perjuangan di Jabar.

Bahkan, bisa jadi suara PDIP di Jabar bernasib sama seperti di Sumatera Barat (Sumbar)

Dikutip dari Tribun Jateng, pada Pemilu 2019, PDI Perjuangan tak meraih satu kursi pun. Beda halnya dengan Pemilu 2014, PDIP meraih dua kursi.

Arteria Dahlan Minta Maaf

Anggota DPR RI Arteria Dahlan akhirnya kibarkan bendera putih dan meminta maaf atas pernyataannya yang menyingung Sunda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved