Breaking News:

Masih Ada Petugas 'Nakal' di Lapas dan Kantor Imigrasi, dari Pungli hingga Korupsi

Praktik nakal itu biasanya berupa pungutan liar (Pungli) hingga korupsi yang dilakukan oknum petugas dengan cara atau modus yang berbeda-beda.

Tribun Jabar / Nazmi Abdulrahman
Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Sudjonggo 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Sudjonggo tak memungkiri masih ada saja oknum petugas nakal, baik di lapas maupun kantor imigrasi.

Dikatakan Sudjonggo, praktik nakal itu biasanya berupa pungutan liar (Pungli) hingga korupsi yang dilakukan oknum petugas dengan cara atau modus yang berbeda-beda.

"Apapun tantangannya, pasti kita hadapi. Dari tahun ke tahun pasti dengan modus dan operandi yang berbeda pasti ada saja. Tadi kita sampaikan, kalau kita lingkaran yang besar, ada satu titik saja yang bolong, itu pasti tidak akan lingkaran besar," ujar Sudjonggo, dalam keterangannya, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Kontrak Puluhan PHL TPU Cikadut Tak Diperpanjang, Kordinator PHL Cikadut Sebut Bakal Ada Pungli Lagi

Sebagai komitmen menuju wilayah bersih bebas melayani (WBBM) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) 2022, pihaknya tak segan memberikan hukuman berat kepada oknum petugas terbukti melakukan tindakan korupsi.

"Masih ada beberapa teman oknum yang masih bermain gitu, masih ada tadi oknum dan itu juga kita sampaikan untuk kita tidak lagi main-main dengan itu. Sanksi kalau perlu pemberhentian ya pemberhentian," katanya.

Dalam hal pengawasan, pihaknya bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

Kepala Kejati Jabar, Asep N Mulyana pun menyambut baik dan menyatakan siap mengawal serta menindak petugas yang kedapatan melakukan praktik kotor.

"Ya, kami terbuka, tadi sudah berbicara banyak dengan pak kakanwil tentu kami akan saling mengingatkan, mencegah dan memitigasi," ujar Asep.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved