Breaking News:

Sarang Tawon Vespa Seukuran Galon Berhasil Dievakuasi Petugas Damkar Sumedang, Bertengger di Plafon

Satu orang warga sekitar pernah menjadi korban sengatan tawon, sehingga membuat pemilik rumah dan warga merasa resah dengan keberadaannya.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Pemadam kebakaran UPT Tanjungsari
Tim pemadam kebakaran dari Satpol PP UPT Tanjungsari evakuasi sarang tawon vespa yang bertengger di plafon rumah warga di Cisempur, Jatinangor, Sumedang, Senin (10/1/2022). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Hanya butuh waktu satu jam, sarang tawon jenis vespa affinis atau tawon ndas yang bertengger di plafon salah satu rumah milik warga akhirnya berhasil dievakuasi tim pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) UPT Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (10/1/2022) malam.

Sarang tawon yang lebih besar dari galon air mineral itu berada di atap rumah Galih Santika (38) di Dusun Cisempur RT04/05 Desa Cisempur, Kecamatan Jatinangor.

Kepala UPT Damkar Tanjungsari, Yudi, mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 17.08 WIB bahwa adanya sarang tawon yang mengganggu warga.

Baca juga: Kaget Banyak Tawon di Atap, Kusnadi Minta Bantuan Damkar Singkirkan Sarang Tawon di Bawah Genting

Bahkan, kata Yudi, satu orang warga sekitar pernah menjadi korban sengatan tawon, sehingga membuat pemilik rumah dan warga merasa resah dengan keberadaannya.

"Setelah mendapatkan laporan itu, tim langsung ke lokasi untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut sekitar pukul 19.20 WIB," kata Yudi kepada TribunJabar.id, Selasa (11/1/2022) pagi.

Selain itu, kata Yudi, petugas yang tiba di lokasi langsung mengevakuasi dan memusnahkan sarang tawon yang memiliki sengatan mematikan itu.

"Evakuasi dilakukan mulai pukul 19.32 WIB, dan selesai pada pukul 20.40 WIB," kata Yudi kepada TribunJabar.id, Selasa (11/1/2022).

Yudi mengimbau kepada masyarakat Sumedang jika menemukan sarang tawon untuk tidak melakukan evakuasi secara mandiri karena cukup berisiko.

"Laporkan kepada petugas Damkar, kami akan upayakan untuk penanganan," kata dia.

Baca juga: Ngeri-ngeri Sedap, Warga Kampung Ini Punya Tradisi Menikmati Kuliner Tawon yang Banyak Khasiatnya

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved