Breaking News:

Bapenda Jabar Kumpulkan Rp 8 Triliun dari Pajak Kendaraan Bermotor Selama 2021

Target penerimaan pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor di Jabar terlampaui.

Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik dan Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat melampaui target penerimaan pendapatan daerah pajak kendaraan bermotor pada 2021.

Momentum ini akan dijaga sehingga pendapatan bisa meningkat pada 2022 beriringan dengan upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik, mengatakan penerimaan Pendapatan Daerah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) 2021 ditargetkan dari APBD Perubahan sebesar Rp 7,8 triliun.

Target itu berhasil terlewati dengan capaian Rp 8,02 triliun terhitung pada 26 Desember 2021. 

Demikian halnya dengan penerimaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tercapai Rp 4,9 triliun dari target sebesar Rp 4,6 triliun.

“Estimasi penerimaan pajak kendaraan bermotor sampai nanti akhir tahun atau tanggal 31 Desember 2021 bisa mencapai Rp 8,2 triliun,” ujar Dedi Taufik di Bandung, Rabu (29/12/2021).

Menurut dia, hasil ini harus diapresiasi, khususnya kepada kinerja semua jajaran Kepala Bapenda sebelumnya, Hening Widyatmoko, termasuk masyarakat wajib pajak dan Tim Pembina Samsat Jabar.

Dedi optimistis bisa menjaga momentum untuk meningkatkan realisasi pendapatan pada tahun 2022.

Proses penyusunan strategi sudah dilakukan untuk rancangan kerja tahun depan. Dedi yang baru menjabat sebagai Kepala Bapenda pada Desember ini pun sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved