Breaking News:

Monyet Liar Serang Ratusan Ekor Ternak di Ciamis, Dinas Peternakan Turunkan Tim Keswan ke Lokasi

Setidaknya ada 25 ekor kambing yang jadi korban, berikut 3 ekor domba dan 300 ekor ayam luka-luka berdarah dicakar dan digigit monyet liar

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
Syarif Pulloh Anwari/Tribun Jabar
ILUSTRASI - Monyet liar 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Menindaklanjuti kejadian teror monyet liar yang menyerang ratusan ekor ternak di Desa Kiarappayung Rancah, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis akan menurunkan Tim Keswan ke lokasi kejadian.

“Besok tim keswan akan turun ke lokasi kejadian serangan monyet liar di Desa Kiarapayung Rancah tersebut,” ujar Kadisnakan Ciamis, Drs H Syarif Nurhidayat kepada Tribun, Selasa (14/12/2021).

Informasi dari Kades Kiarapayung, Dedi B Yani, serangan monyet liar yang terjadi di Dusun Jatisari dan Dusun Margamulya, Desa Kiarapayung, tersebut sudah terjadi sejak Oktober lalu. Namun mengganasnya sejak seminggu terakhir.

Baca juga: Teror Monyet Liar di Rancah Ciamis, Korbannya Sudah 25 Ekor Kambing, 3 Ekor Domba dan 300 Ekor Ayam

Setidaknya ada 25 ekor kambing yang jadi korban (6 ekor mati), berikut 3 ekor domba dan 300 ekor ayam luka-luka berdarah dicakar dan digigit monyet liar.

Pelakunya diduga ada dua ekor monyet liar. Dan satu ekor monyet liar yang telah meresahkan warga tersebut Selasa (14/12) sore berhasil dilumpuhkan.

Satu monyet liar itu ditembak mati setelah kepergok ngamuk menyerang seekor kambing warga di Blok Ciparanje Dusun Margamulya.

Menurut Kadisnakan Ciamis Drs H Syarif Hidayat MSi, tim keswan Disanakan Ciamis yang akan turun ke lokasi kejadian, Rabu (14/12), di antaranya ada dua orang dokter hewan serta seorang petugas, berikut petugas lain dari UPTD Wilayah Rancah.

Langkah yang dilakukan, menurut Syarif, tim yang dipimpin langsung Kasi Keswan Disnakan Ciamis, drh Intan, tersebut terlebih dahulu mengumpulkan informasi kemudian melakukan observasi.

“Langkah pertama yang akan kami lakukan adalah mengobati ternak yang luka-luka. Bagian yang luka diberi obat anti radang,” ujar Kasi Keswan Disnakan Ciamis, drh Intan.

Karena kasus yang terjadi adalah hewan menggigit hewan. Dalam hal ini monyet liar menggigit mencakar ternak seperti kambing, domba, dan ayam, menurut drh Intan, yang diobservasi terlebih dahulu adalah ternak yang menjadi korban seperti ayam, domba, dan kambing yang luka-luka tersebut.

Baca juga: Monyet Liar Lukai dan Gigit Balita di Kuningan, Korban Dirawat di Rumah Sakit, Petugas Lakukan Ini

“Setelah itu kami akan konsultasi dengan lab veteriner Subang. Apakah nanti harus dilakukan observasi, terhadap hewan pelaku (monyet). Prosedur yang akan ditempuh sesuai arahan dari Lab Veteriner (Subang). Bila perlu kami akan mengambil samplenya,” katanya.

Yang pasti menurut drh Intan, Rabu (15/12) tim keswan dari Disnakan Ciamis akan melakukan pelayanan kesehatan hewan korban serangan monyet liar di Desa Kiarapayung Rancah tersebut

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved