Baksos YKKJRK-TNI Konsisten Digelar Demi Bantu Mereka yang Membutuhkan

YKKJRK dan TNI kembali menggelar bakti sosial di hari Minggu (12/12/2021).

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: taufik ismail
Istimewa
Baksos yang digelar YKKJRK dan TNI, Minggu (12/12/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bakti sosial yang digelar atas inisiatif Yayasan Kebhinekaan Kesatuan Jiwa Raga kami (YKKJRK) bersama TNI terus konsisten digelar.

Baksos yang mulai dilakukan sejak 2018 tak pernah sekalipun terhenti, meski pandemi Covid-19 mewabah negeri.

Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa, mengatakan bahwa hingga menjelang akhir tahun berganti, baksos kerja bareng YKKJRK bersama TNI terus konsisten digelar.

Ini karena masih banyak masyarakat di luar sana yang membutuhkan uluran tangan.

"Dalam kondisi kekinian, di mana pandemi Covid-19 masih ada, baksos YKKJRK-TNI diharapkan akan lebih terasa lagi manfaatnya, khususnya bagi mereka yang membutuhkan seperti pemulung, anak jalanan, hingga bagi penyandang abilitas," kata Adam di sela baksos, Minggu (12/12/2021).  

Menurut Adam, dampak pandemi yang sangat dahsyat turut menimpa sektor ekonomi yang memporak-porandakan kesejahteraan rakyat.

Meski saat ini PPKM telah turun level, namun hal ini tidak lantas membuat sektor ekonomi otomatis meningkat pesat. 

"Ekonomi tidak akan serta-merta bangkit dan rakyat bisa langsung sejahtera, kita masih harus membuka mata karena masih banyak warga yang susah, kekurangan dan belum mampu bangkit," ujar Adam.

Hal inilah yang membuat baksos YKKJRK-TNI tidak pernah dihentikan di masa sulit ini.

Menurut Adam, hal ini lebih dirasakan oleh kaum pemulung, anak jalanan, dan disabilitas yang selama ini mengandalkan mata pencaharian di tempat dan fasilitas umum.

Menurut Adam, bantuan yang diberikan pihaknya melalui baksos YKKJR dan TNI merupakan salah satu bentuk kepedulian dan solidaritas bagi kaum tak mampu, terutama kaum disabilitas dan pemulung serta anak jalanan.

Adam mengatakan bahwa seperti biasa pelaksanaan baksos selalu memperhatikan prokes yang ketat, tidak bergerombol atau berkumpul Baksos ini membagikan 100 paket bantuan yang terdiri dari sembako berisi beras, gula dan kecap, serta makanan-minuman siap saji seperti nasi kotak, dan air jahe merah hangat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun di tengah pandemi Covid-19. 

Adapun area yang menjadi sasaran baksos kali ini adalah area utama di sejumlah jalan Kota Bandung, mulai daerah Permata, Gunung Batu, Wiyata Guna Pajajaran, Taman Lalu Lintas, hingga ke area Bengawan dan Astana Anyar. 

"Di area Bengawan kami menemukan ada tuna netra yang berusia lanjut yaitu Pak Usman berusia 86 tahun yang berhasil kita bantu," ujar Adam. 

Melalui baksos ini, Adam berharap bahwa mereka yang mampu akan turut tergerak mengulurkan tangan membantu mereka yang kesusahan dan kesulitan ekonomi.

Adam pun mengajak mereka yang memiliki harta lebih untuk memperhatikan warga di sekitarnya yang susah dan kesulitan.   

Kegiatan baksos YKKJRK- TNI selalu diabadikan melalui video dokumentasi. Dokumentasi baksos Javaretro ini secara regular ditayangkan di siaran resmi youtube Javaretro Hotel & Suites di tautan link berikut :
https://www.youtube.com/channel/UCV6_A7kOyzsTDdiPihmX1UA

Baca juga: Petrus Adamsantosa: Baksos YKKJRK dan TNI Bukti Kecintaan Kami Terhadap Saudara yang Membutuhkan

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved