Breaking News:

Sempat Jadi Buronan 13 Tahun, Terpidana Kasus Korupsi SIMDA Ciamis Diciduk di Sebuah Mal di Jakarta

Irianto jadi buronan selama 13 tahun setelah divonis bersalah oleh pengadilan.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Istimewa
Terpidana kasus korupsi SIMDA Dinas Informatik dan Data Elektronik (DIDE) Ciamis, Irianto Suryosaputro ST (43) tiba di kantor Kejari Ciamis Jumat (10/12) dini hari setelah Kamis (9/12) siangnya diciduk di sebuah mal di Jakarta oleh tim gabungan dari AMC Kejagung, Kejati Jabar dan Kejari Ciamis. Direktur PT CTN tersebut sempat jadi buronan selama 13 tahun. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Setelah sempat jadi buron selama 13 tahun, terpidana kasus korupsi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Pemkab Ciamis, Irianto Suryosaputro ST (43) berhasil diciduk tim gabungan dari AMC (Adhyaksa Monitoring Center) Kejagung, Kejati Jabar, dan Kejari Ciamis.

Direktur PT Citra Trikrasa Niaga (CTN), rekanan pengadaan barang dan jasa SIMDA, tersebut dicokok saat berada di sebuah mal di Jakarta, Kamis (9/12/2021) siang oleh tim gabungan AMC Kejagung, Kejati Jabar, dan Kejari Ciamis.

Kamis itu juga, Irianto langsung dibawa ke Ciamis. Sekitar pukul 02.00 Jumat (10/12/2021) dini hari sudah tiba di Kantor Kejaksaan Negeri Ciamis.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan test swab/antigen oleh petugas Dinkes Ciamis sekitar pukul 03.00 Irianto dijebloskan ke Lapas II B Ciamis.

“Dini hari tadi malam terpidana kasus korupsi SIMDA Ciamis, atas nama Irianto Suryosaputro sudah dieksekusi. Dimasukkan ke LP Kelas II B Ciamis. Ini semacam hadiah saat peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis H Yuyun Wahyudi SH MH kepada Tribun dan wartawan lainnya di Kejari Ciamis, Jumat sore.

Setelah sempat dicari selama 13 tahun, beberapa hari lalu keberadaan terpidana Irianto diketahui.

Tim gabungan melakukan pengintaian di kediaman terpidana di Bandung.

Hari Kamis terpidana kasus korupsi SIMDA Ciamis tersebut melakukan perjalanan ke Jakarta.

Sehingga kemudian yang bersangkutan menurut Yuyun diciduk disebuah mal di Jakarta.

Menurut Yuyun, Irianto salah satu dari empat terpidana kasus korupsi proyek Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) di Dinas Informasi dan Data Elektornik (DIDE) Kabupaten Ciamis yang perkaranya sudah berkekuatan hukum tetap setelah keluarnya putusan kasasi dari Mahkamah Agung tanggal 6 Maret 2008.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved