Breaking News:

Tiga Mobil Damkar di Bandung Barat Rusak, Jumlah Mobil yang Adapun Tak Ideal

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan KBB mengalami kekurangan mobil operasional karena mobil yang sudah tidak layak jalan tersebut harus diganti

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Mobil damkar yang terparkir di Mako Damkar KBB di Kota Baru Parahyangan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Tiga unit mobil operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Barat (KBB), saat ini sudah tidak layak jalan, sehingga sudah jarang digunakan untuk menangani kebakaran.

Akibat adanya mobil Damkar yang rusak itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan KBB mengalami kekurangan mobil operasional karena mobil yang sudah tidak layak jalan tersebut sudah harus diganti.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, KBB, Meidi, mengatakan, untuk saat ini pihaknya memiliki enam unit armada yang tersebar di empat pos, yakni pos Lembang, Cililin, Cikalongwetan, dan Mako Damkar KBB di Kota Baru Parahyangan.

Baca juga: Santri Disengat, Petugas Damkar Ciamis Singkirkan Sarang Tawon di Ponpes Manarul Ulum

"Tapi tiga kendaraan sudah tidak layak jalan," ujarnya di Mako Damkar KBB di Kota Baru Parahyangan, Kamis (9/12/2021).

Kendati demikian, pihaknya tetap mengupayakan penanganan kebakaran di semua wilayah KBB tetap dimaksimalkan dengan memanfaatkan mobil yang masih layak jalan dan bisa digunakan.

Untuk saat ini pihaknya sudah mengusulkan penambahan armada baru sebanyak 5 unit yang terdiri dari dua unit fire truck, dua water supply, dan satu unit mobil komando yang nantinya akan ditempatkan di kantor pemda dan pos wilayah.

"Insya Allah tahun depan ada lima unit armada baru dari anggaran APBD senilai Rp 8 miliar. Pengadaan itu sudah direncanakan tahun 2020, namun baru terealisasi tahun 2022," kata Meidi.

Ia mengatakan, armada damkar yang diajukan itu baru didesain khusus dan memiliki fitur yang canggih, bahkan memiliki berbagai kelengkapan yang tidak dimiliki mobil damkar KBB sebelumnya, sehingga armada itu dinilai yang terbaik dan terlengkap.

Baca juga: Ada Sarang Tawon Vespa Seukuran Galon Air di Atap Rumah Warga, Dibasmi Damkar Tanjungsari Sumedang

Dengan adanya tambahan lima unit armada baru ini, kata Meidi, maka total armada truk damkar yang dimiliki KBB bakal bertambah menjadi 11 unit.

"Namun jika bicara ideal, maka jumlah armada tersebut masih kurang mengingat luas wilayah KBB yang harus dicover," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved