Breaking News:

Edukasi Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Untuk Kesehatan Masyarakat Desa Cibiru Hilir

Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh apt. Kharina Septi Lestari, M.S.Farm dengan anggota Nur Rakhmanto Heryana, S.Psi., M.Psi., Psikolog, apt

Kegiatan penyuluhan edukasi dan pemanfaatan tanaman obat untuk kesehatan 

TRIBUNJABAR.ID, Indonesia merupakan negara yang kaya akan tanaman berkhasiat, penggunaan tanaman tradisional di Indonesia telah lama dilakukan secara turun-temurun. Seiring dengan perkembangan zaman telah banyak dilakukan penelitian untuk membuktikan khasiat dari tanaman-tanaman herbal Indonesia. Adanya permasalahan dari obat konvensional antara lain terdapat efek samping, resistensi obat yang tinggi, dan harganya pun cenderung lebih mahal, membuat masyarakat memilih tanaman tradisional sebagai alternatif pengobatan.

Kegiatan penyuluhan edukasi dan pemanfaatan tanaman obat untuk kesehatan
Kegiatan penyuluhan edukasi dan pemanfaatan tanaman obat untuk kesehatan ()

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Banyaknya tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku obat herbal, dalam hal ini peranan masyarakat untuk dapat diberdayakan dalam pemanfaatan tanaman sebagai bahan baku obat herbal yaitu tanaman aromatik. Tanaman aromatik adalah tumbuhan yang menghasilkan bau wangi-wangian atau aroma dan menghasilkan minyak atsiri. Oleh karena itu kemajuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kemudahan dan kesempatan untuk mampu memanfaatkan dan mengelola lingkungannya serta adanya berbagai program untuk mendukung kegiatan tersebut.

Beberapa dosen Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh apt. Kharina Septi Lestari, M.S.Farm dengan anggota Nur Rakhmanto Heryana, S.Psi., M.Psi., Psikolog, apt. Aris Suhardiman, M.Si, Anggi Jamiyanti, S.Kep.,Ners, Antri Ariani.,SST.,M.Kes , Amelia Kandisa, S.IP., M.H melakukan kegiatan berupa penyuluhan edukasi dan pemanfaatan tanaman obat untuk kesehatan masyarakat Kampung Babakan Sayang dan Kampung Cipanileuman, Desa Cibiru Hilir. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 dan 18 November 2021.

Penyerahan dan penanaman bibit tanaman obat keluarga
Penyerahan dan penanaman bibit tanaman obat keluarga ()

Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan penyuluhan mengenai edukasi pemanfaatan tanaman aromatik, penyuluhan disampaikan kepada warga umumnya, dan kepada warga yang sedang hamil khususnya.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan tanaman aromatic yang selanjutnya akan ditanam oleh warga dipekarangannya masing-masing.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved