Breaking News:

Tol Cisumdawu BATAL DIBUKA Desember 2021, Ini Penyebabnya

Pembatalan pengoperasian Tol Cisumdawu ruas Cileunyi-Cimalaka itu karena ruas tersebut dinyatakan tak aman karena terancam longsor.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Ravianto
Tribunjabar/Seli Andina Miranti
Angkot 08 melewati jalur proyek Tol Cisumdawu. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Rencana operasional Tol Cisumdawu ruas Cileunyi-Cimalaka dikabarkan batal beroperasi pada akhir Desember 2021.

Berdasarkan informasi yang diterima TribunJabar.id, Tol Cisumdawu batal dioperasikan Desember 2021.

Pembatalan pengoperasian Tol Cisumdawu ruas Cileunyi-Cimalaka itu karena ruas tersebut dinyatakan tak aman karena terancam longsor.

Ancaman longsor itu ada di kawasan Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara sementara pengeloma menganggap lokasi belum sepenuhnya bisa diamankan.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan meninjau langsung progres pembuatan jalan tol Cisumdawu, pihaknya menargertkan seksi 1, seksi 2, dan seksi 3 (Cileunyi- Cimalaka) rencananya akan dibuka pada akhir Desember 2021.

Namun, kata Dony, karena terjadi beberapa bencana tanah longsor di ruas jalan di kawasan Sirnamulya, Sumedang Utara, dan penanganannya pun membutuhkan waktu, sehingga rencana pembukaan rute Cileunyi-Cimalaka batal. 

"Informasi yang saya terima, pembukaannya tetap di akhir Desember 2021 ini, namun dibukanya hanya seksi 1, yakni rute Cileunyi- Rancakalong saja," kata Dony Ahmad Munir saat diwawancara TribunJabar.id di Sumedang, Rabu (8/21/2021). 

"Jalur Cileunyi-Cimalaka sebenarnya sudah terkoneksi, namun di kawasan Sirnamulya ada beberapa lokasi yang terjadi longsor, " kata Dony, menambahkan. 

Dony menyebutkan, hingga saat ini area longsor di kawasan tersebut tengah ditangani oleh pengembang dengan teknologi. 

"Saat ini, pengembang  tengah merekayasa area longsoran agar tidak terjadi longsor lagi, " ucapnya. 

"Pengoperasian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan akan direalisasikan sebelum Lebaran 2022," tutur Dony. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved